Efek dari Mikrodermabrasi

DokterSehat.Com – Mikrodermabrasi adalah tindakan sejenis pengelupasan (exfoliation) yang menggunakan kristal-kristal mikro untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan merangsang produksi sel kulit baru, praktik mikrodermabrasi mendorong produksi kolagen dan bisa digunakan untuk merawat berbagai jenis kondisi kulit dari kulit yang pori-porinya tertutup dan berjerawat hingga jenis yang hiperpigmentasi.

9

Mikrodermabrasi bisa mengurangi tampilnya garis-garis halus, menjadikan tekstur kulit Anda terlihat lebih halus, namun memperbaiki pori-pori kulit Anda dengan mikrodemabrasi tidak bisa dilakukan untuk semua orang.

Menurut para ahli, mikrodermabrasi bisa bekerja dengan baik ketika dilakukan melalui beberapa seri perawatan yang biasanya dilakukan selama 7-10 hari, perubahan yang berarti bisa terlihat setelah melalui perawatan tahap pertama. Biasanya kulit akan semakin mulus dan tampak lebih sehat. Setelah beberapa tahap perawatan biasanya kandungan minyak akan berkurang, pori-pori semakin mengecil dan kulit wajah yang tebal menipis. Biasanya juga kerutan yang ada akan semakin mulus.

Efek dari mikrodermabrasi lainnya adalah efek terhadap lapisan epidermis, perubahan pada lapisan epidermis kulit muncul sebelum ada perubahan pada lapisan dermis. Pengujian mikroskopis dari lapisan epidermis menunjukkan beberapa perubahan yang membuat lapisan ini menjadi lebih sehat.

Ketebalan lapisan epidermis kulit menjadi berkurang karena sel baru sedang diproduksi dengan cepat dan sel yang diproduksi itu berukuran lebih besar dari yang sebelumnya, sel dari lapisan lebih bawah epidermis menyambung dan membuat bentuk seperti keranjang sehingga ikatannya menjadi lebih kuat dan rapat. Fungsi penghalang dari lapisan epidermis akan kacau selama 24 jam dan membuat kulit wajah menjadi lebih kering dari biasanya.

Namun setelah melewati 7 hari kulit akan menjadi lebih lembab dan segar dari sebelumnya. Itu tadi efek dari mikrodermabrasi pada lapisan epidermis, bagaimana efeknya pada lapisan dermis kulit? Dermis adalah lapisan kulit yang paling terkena efek mikrodermabrasi. Perubahan kimia terjadi cepat karena lapisan dermis menjadi lebih tebal dan sehat setelah melewati beberapa tahap perawatan kulit, dengan meningkatkan lapisan dermis maka kolagen juga menjadi lebih banyak dan teratur dengan baik.

Baca Juga:  Penyebab Dan Gejala Ginjal Bocor

Jumlah serat elastis dan fibroblast yaitu sel yang membuat kolagen juga meningkat, perubahan pada pembuluh darah menunjukkan peningkatan aliran darah pada lapisan dermis terutama dalam proses perbaikan kulit yang sedang dilakukan. Jadi, Anda tertarik melakukan mikrodermabrasi? Silakan berkonsultasi dengan dokter Anda.