Efek Buruk Menahan Kencing Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Sering kali kita harus menahan kencing dalam waktu yang lama, khususnya jika kita berada di tengah-tengah angkutan umum layaknya bus kota dan melakukan perjalanan yang jauh. Kita tentu akan tidak enak menghentikan bus hanya demi buang air kecil bukan? Sayangnya, kebiasaan menahan kencing ternyata bisa memberikan dampak yang kurang baik bagi tubuh. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-sakit-perut

Sebagaimana kita ketahui, air kencing adalah air kotoran sisa dari sistem pencernaan sehingga jika kita melakukan buang air kecil, maka kita telah melakukan sistem pencernaan dengan sehat dan wajar. Dengan menahan air kencing, kita tentu menahan banyak kotoran dan sisa racun yang perlu dibuang oleh tubuh hingga waktu yang lama. Kotoran yang terus menumpuk karena tidak segera dibuang tentu bisa menyebabkan infeksi pada saluran kencing yang tentu akan sangat menyakitkan dan bahkan bisa memicu demam tinggi.

Berefek Buruk Bagi Pencernaan dan Sebabkan Infeksi
Menahan air kencing juga bisa membuat proses pencernaan dalam tubuh bisa terganggu. Buang air kecil adalah tanda dimana proses pencernaan sudah selesai dan tubuh bisa bersantai menunggu proses pencernaan lainnya. Sayangnya, menahan air kencing justru akan memicu proses pencernaan menjadi tidak sehat karena sisa kotoran yang masih belum terbuang. Organ-organ pencernaan layaknya ginjal, kandung kemih, dan juga saluran air kencing akan terganggu kinerjanya karena hal ini. Ginjal bisa mengalami infeksi karena menumpuknya air kencing dan membuat siklus pembuangan air kencing menjadi tidak normal, kencing yang disertai pendarahan, atau bahkan memicu kondisi gagal ginjal. Gagal ginjal sendiri adalah kondisi dimana ginjal sudah tidak mampu lagi berfungsi menyaring dan membuang sisa-sisa dari hasil pencernaan.

Baca Juga:  Sumber Protein Terbaik Untuk Membentuk Otot

Bertumpuknya kotoran dan urin akan menyebabkan infeksi pada saluran kandung kemih dan saluran kencing. Buang air kecil pun bisa menjadi aktifitas yang menyakitkan karena munculnya rasa nyeri yang hebat dan disertai dengan pendarahan. Selain itu, tubuh pun bisa mengalami anyang-anyangan yang tentu akan membuat tubuh merasa tidak nyaman karena tidak pernah berhenti merasa ingin buang air kecil meskipun sudah banyak sekali dilakukan.