Efek Buruk Alkohol PadaKulit

Dokter Sehat – Minum alkohol berlebihan bisa memicu berbagai masalah kesehatan, salah satu bagian tubuh yang terpengaruh akibat konsumsi alkohol adalah kulit. Bagaimana kulit bisa terpengaruh oleh alkohol? Berikut akan diuraikan mengenai efek alkohol pada kulit.

13

Masalah kulit yang disebabkan oleh alkohol dipicu oleh beberapa alasan, fungsi hati akan terganggu akibat konsumsi alkohol berlebih. Hati yang tidak lagi normal akan mengganggu kemampuannya dalam menghilangkan racun berbahaya dari dalam tubuh yang pada akhirnya mempengaruhi kulit. Selain itu, terlalu banyak alkohol akan mengurangi cadangan vitamin dalam tubuh, terutama vitamin A dan vitamin C. Kedua vitamin ini sangat penting bagi kesehatan kulit, sehingga kurangnya persediaan akan memicu berbagai masalah kulit.

Efek buruk alkohol pada kulit :

1. Kulit kering
Mengonsumsi alkohol membuat tubuh benar-benar dehidrasi, dan memaksa ginjal untuk bekerja dua kali untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh. Akhirnya, kulit mulai menjadi benar-benar kering, dan kehilangan kelembapan alami.

2. Kusam dan berkerut
Alkohol mencegah nutrisi dan mineral dalam tubuh untuk mencapai sel-sel kulit dan mengisi mereka, akhirnya menyebabkan kulit pucat dan kusam. Selain itu alkohol menguras vitamin A antioksidan yang penting untuk elastisitas kulit, membuat kulit kering sehingga rentan terhadap kerutan dan kusam.

3. Rosacea
Ini adalah kondisi peradangan kronis di kulit wajah yang menyebabkan kemerahan pada kulit dan bisa berlangsung bertahun-tahun, kulit bisa menjadi ruam dengan munculnya bintil-bintil warna merah dan kuning. Penyakit ini menyerang pada pecandu alkohol.

4. Psorias
Psorias merupakan peradangan kulit di mana penderita mengalami proses pergantian kulit yang terlalu cepat, penyakit ini ditandai dengan bercak-bercak merah dengan sisik kasar dan tebal yang dapat mengurangi rasa percaya diri.

Baca Juga:  Tips Meninggikan Badan Yang Paling Ampuh

5. Membengkak
Wajah akan terlihat kembung dan bengkak akibat minuman keras, hal itu dikarenakan pembuluh darah yang mengalami pembengkakan, biasanya terjadi di bagian kelopak mata.

6. Keriput
Ketika Anda mengonsumsi alkohol kulit menjadi mengembang atau melar, kulit yang mengembang tadi menjadi kendur. Dari situ lah munculnya keriput.