Mengapa Tubuh Menjadi Gemuk Kembali Ketika Berhenti Fitnes?

tips-fitnes-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Fitnes memang sebuah aktivitas olahraga yang dilakukan untuk membentuk otot pada tubuh agar menjadi kekar. Selain itu fitnes pun sering digunakan sebagai metode penurunan berat badan. Sebab, dalam dunia fitnes, tidak selalu menggunakan alat berat sebagai latihannya, melainkan ada teknik lain yang bisa memberikan manfaat untuk menurunkan berat badan.

Sampai saat ini, orang-orang yang mengikuti fitnes selalu memiliki bentuk tubuh yang terbilang ideal, yakni berisi dan berotot. Dengan bentuk tubuh yang seperti itu, dapat dipastikan bisa memicu penampilan yang membuat seseorang menjadi lebih percaya diri, terlebih jika bertemu dengan orang lain. Namun, sayangnya bentuk tubuh tersebut tidak bertahan lama jika Anda menyudahi aktivitas fitnes.

Pernahkah Anda mendengar anggapan yang mengatakan bahwa fitnes hanya memberikan efek sementara yang akhirnya bakal hilang juga? Ya, anggapan tersebut sangat banyak dipercaya oleh sebagian besar orang karena telah terbukti. Memang benar, tubuh yang kekar itu hanya sementara dan akhirnya akan menyusut juga jika Anda menyudahi latihan.

Namun, jika Anda masih melakukan latihan walau tidak serutin dulu, otot pada tubuh Anda akan tetap terjaga. Pasalnya, otot akan selalu menyusut bagi siapapun, baik itu pelaku fitnes ataupun bukan. Ditambah lagi, lemak yang semakin menumpuk sehingga kebanyakan orang menjadi lebih gemuk dalam bertambahnya usia.

Ketika Anda memutuskan untuk berhenti fitnes karena merasa sudah puas dengan hasilnya, maka keputusan tersebut tidak benar. Sebab, setiap hari Anda selalu makan dan melakukan aktivitas. Maka, asupan makanan tersebut harus tetap diolah dan dibentuk menjadi otot agar tidak menimbun menjadi lemak. Selain itu, otot yang tidak pernah dilatih akan menjadi kendur sebab dia kehilangan kemampuannya dalam memecah diri.

Ribuan sel serta jaringan di dalam tubuh pun akan menjadi kacau dan tidak stabil ketika Anda tidak melakukan fitnes lagi. Kalaupun Anda tidak ada waktu untuk datang ke pusat kebugaran, disarankan untuk melakukan latihan ringan dari rumah agar otot tidak menyusut serta lemak tidak menumpuk. Latihan tersebut bisa berupa push up, sit up, plank, dan sebagainya.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik