Edukasi yang Harus Diterima Remaja Wanita Saat Haid Pertama Terjadi

doktersehat-wanita-sakit-perut-menstruasi-datang-bulan

DokterSehat.Com – Remaja wanita bisanya mengalami haid saat memasuki masa puber. Saat berusia 11-13 tahun, mereka akan mengalami haid pertama. Untuk pertama dalam hidupnya, dia akan mengeluarkan darah dari vagina sehingga beberapa dari mereka takut karena merasa asing dengan kondisi ini.

Agar remaja wanita tidak kebingungan sendiri saat mendapatkan haid pertama, orang tua harus memberikannya edukasi yang penting terkait haid. Kalau Anda memiliki remaja wanita di rumah, coba ajarkan beberapa hal di bawah ini.

1. Memberi penjelasan yang sederhana

Mungkin anak sudah mendapatkan materi tentang reproduksi wanita di sekolah. Namun, anak bisa lebih paham kalau diajarkan langsung oleh orang tuanya. Ibu bisa memberi tahu mereka kalau setiap bulan wanita akan alami haid. Saat haid, vagina akan mengeluarkan darah dengan warna terang saat awal dan gelap saat akhir.

Saat menjelaskan, ibu juga harus memberi tahu anak agar tidak panik. Kalau nanti mengalami kondisi ini mereka harus segera memberi tahu orang tua. Haid adalah sesuatu yang normal sehingga tidak perlu disembunyikan.

2. Jelaskan yang terjadi sebelum dan saat menstruasi

Jelaskan pada anak kalau sebelum menstruasi terjadi, tubuh akan merasakan sakit pada perut. Rasa sakit ini wajar sehingga mereka tidak perlu khawatir. Orang tua juga bisa memberi tahu anak cara mengatasi rasa sakit kalau intensitasnya tinggi.

Setelah darah keluar, perut biasanya sudah tidak merasakan sakit. Namun area puting payudara akan sensitif dan sakit saat disentuh.

3. Mood yang kadang berubah

Jelaskan pada anak terkait dengan mood yang akan berubah dan cara mengatasinya. Dengan begini mereka tidak akan merasa aneh kalau mendadak marah atau kesal dengan banyak hal.

4. Meningkatkan untuk menjaga kebersihan vagina

Saat menstruasi vagina akan menjadi kotor karena darah dan sisanya. Minta anak untuk selalu mencuci vagina dengan bersih. Beritahu juga cara memakai pembalut dan kapan pembalut harus diganti.

Inilah edukasi penting yang harus diberikan orang tua pada remaja wanitanya yang mau haid atau mungkin sudah mendapatkannya. Semoga bermanfaat!

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik