Dwi Hartanto, ‘The Next Habibie’ yang Ketahuan Berbohong, Mengidap Mythomania?

DokterSehat.Com– Belakangan ini dunia pendidikan Indonesia dihebohkan oleh terungkapnya kebohongan-kebohongan yang dilakukan oleh Dwi Hartanto. Jika selama ini Dwi dikenal dengan berbagai prestasinya hingga dicap sebagai ‘The Next Habibie’, maka terungkapnya berbagai kebohongan tentang prestasinya ini membuatnya harus melakukan klarifikasi. Tak hanya harus menulis surat pernyataan dan permohonan maaf yang ditandatangani di atas materai, KBRI Den Haag juga mencabut penghargaan pada mahasiswa doktoral Technische Universitat Delft, Belanda ini.



Dwi menyebutkan bahwa jika selama ini Ia dikenal sebagai mahasiswa berprestasi di bidang antariksa dan dunia jet tempur, hal tersebut ternyata tidak benar. Ia memang melakukan penelitian yang berkaitan dengan sistem satelit, namun, kaitannya lebih pada bagian satelit data telemetri serta ground segment network platform. Dwi juga mengakui bahwa Ia memanipulasi hasil perlombaan riset jet tempur dan mengklarifikasi adanya klaim paten atas nama dirinya.

Pengakuan tentang kebohongan prestasi Dwi Hartanto tentu mengejutkan banyak pihak. Sebagian orang bahkan berpikir jika Dwi mengidap Mythomania, penyakit suka berbohong yang membuat pengidapnya kecanduan membual hingga kesulitan untuk berhenti.

Tak hanya membuat pengidapnya suka berbohong, Mythomania juga membuat penderitanya ingin mendapatkan pengakuan atau perhatian dari orang lain sehingga terpaksa berbohong dan menutupi kebohongannya dengan kebohongan lainnya. Sebagai contoh, mereka menceritakan prestasi atau kehebatan dirinya yang sebenarnya tidak pernah terjadi. Dalam kasus yang parah, kepribadian penderita Mythomania bahkan mudah memanipulasi berbagai hal.

Dwi memohon maaf akan kesalahan yang Ia buat pada semua pihak yang merasa dirugikan akan informasi tentang dirina yang tidak benar. Ia pun mengaku ingin memperbaiki diri dan berharap bisa memberikan prestasi yang nyata ke depannya.