Dukung Pertumbuhan Anak Dengan Memberikan Buah-Buahan Ini

DokterSehat.Com– Buah dikenal luas sebagai sumber berbagai nutrisi menyehatkan seperti vitamin, serat, dan berbagai mineral lainnya. Jika anak rutin mengkonsumsi buah, maka mereka akan mendapatkan berbagai nutrisi yang bisa mendukung pertumbuhannya. Sebenarnya, apa sajakah buah yang sangat direkomendasikan bagi anak-anak?

doktersehat-anak-kecil-buah-sehat

Alpukat
Buah alpukat yang memiliki tekstur lembut ini memiliki kadar lemak sehat yang sangat tinggi sehingga bisa mendukung perkembangan otak anak. Tak hanya itu, kandungan vitamin E dan antioksidan dalam buah ini juga sangat tinggi sehingga bisa melindungi sel tubuh dari berbagai kerusakan. Kandungan serat dalam buah ini juga akan mendukung kesehatan organ pencernaannya.

Buah naga
Buah naga ternyata kaya akan kandungan vitamin A dan zat besi yang bisa mendukung kesehatan kulit, mata, dan rambut. Tak hanya itu, buah naga ternyata kaya akan asam lemak omega 3 dan omega 6, serta kalsium yang bisa mendukung sistem kekebalan tubuh dan perkembangan otak anak. Buah ini juga dikenal luas tinggi serat sehingga bisa menjaga kesehatan pencernaan.

Mangga
Salah satu buah yang disukai anak karena rasanya yang manis ini kaya akan kandungan vitamin A dan vitamin C. Tak hanya itu, mangga juga kaya akan kandungan asam glutamin yang bisa meningkatkan fungsi otak dan daya ingat anak.

Pepaya
Rutin mengkonsumsi buah pepaya bisa memenuhi kebutuhan harian vitamin C anak. Dengan mendapatkan asupan vitamin C yang cukup, maka sistem kekebalan tubuh anak akan bekerja dengan maksimal. Tak hanya itu, kandungan likopen dalam pepaya bisa membantu proses perbaikan berbagai kerusakan pada tubuh.

Pisang
Buah yang memiliki rasa yang manis ini kaya akan kalium yang bisa menjaga tekanan darah, mendukung kinerja otot dan jantung, hingga menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Tak hanya itu, kandungan karbohidrat dalam pisang juga bisa memberikan energi bagi anak yang cenderung sangat aktif.