Duh, Mata Adam Levine Kok Bintitan?

adam_levine_doktersehat_1
Photo Source: Instagram/Adam Levine

DokterSehat.Com– Unggahan vokalis Maroon 5 Adam Levine di media sosial Instagram menghebohkan penggemarnya. Hal ini disebabkan oleh mata Adam yang terlihat sedang terkena masalah bintitan. Akibat hal ini, salah satu kelopak matanya terlihat membenjol seperti sedang bisulan. Yang menarik adalah, Adam justru menganggap matanya terlihat seksi di foto tersebut.

Masih banyak masyarakat Indonesia yang menganggap bintitan sebagai masalah yang disebabkan oleh kebiasaan mengintip. Padahal, kedua hal ini sama sekali tidak terkait. Bintitan atau dalam dunia medis disebut sebagai heroleum ini dipicu oleh munculnya benjolan karena bisul atau jerawat di kelopak mata. Seringkali, benjolan ini juga bernanah dan disertai dengan rasa nyeri.

Penyebab utama dari bintitan adalah infeksi pada kelenjar minyak yang ada di kelopak mata. Penyebab infeksi ini adalah bakteri staphylococcus. Beruntung, meskipun bisa memicu rasa nyeri dan membuat penampilan wajah menjadi tak elok, bintitan biasanya bisa sembuh dengan sendirinya.

Penyebab lain dari masalah bintitan adalah kebiasaan menyentuh mata dengan tangan yang berada dalam kondisi kotor, memakai lensa kontak dengan tangan yang masih kotor, malas membersihkan make up di sekitar mata, hingga penggunaan kosmetik yang sudah berusia lama atau kadaluarsa.

Bintitan tidak akan mempengaruhi penglihatan dan tidak berbahaya bagi mata. Hanya saja, masalah kesehatan ini memang bisa membuat kita merasa tidak nyaman. Demi mengatasinya, kita hanya perlu mengompres mata dengan kain lap yang sudah direndam dengan air hangat selama 5 hingga 10 menit. Lakukan pengompresan ini beberapa kali dalam sehari demi meredakan pembengkakan. Hanya saja, jika bintitan ini tak kunjung menghilang, jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisi ini ke dokter agar mendapatkan obat yang tepat.