Duduk Terlalu Lama Memicu Skoliosis

DokterSehat.Com – Skoliosis adalah salah satu gangguan pada tulang belakang yang bisa menyebabkan perubahan postur tubuh manusia. Biasanya, penderita skoliosis akan memiliki tulang punggung yang berbentuk huruf S atau huruf C. Penderita skoliosis pun tidak mengenal pria maupun wanita dan entah masih muda atau sudah berumur. Penyebab dari penyakit skoliosis sendiri masih belum benar-benar diketahui, namun setidaknya salah satu penyebabnya adalah gaya hidup yang tidak sehat dengan duduk dengan postur yang kurang baik dalam waktu yang cukup lama.

doktersehat-sakit-pinggang-punggung-kerja-hernia

Skoliosis bisa disebabkan oleh faktor genetik dimana ada anggota keluarga yang juga mengalami masalah tulang belakang yang sama. Selain itu, trauma yang terjadi saat usia sangat muda layaknya terjatuh tanpa adanya penanganan yang benar ternyata bisa membuat tulang belakang dalam posisi yang tidak normal. Beberapa orang bisa memiliki postur bungkuk atau miring karena faktor ini. Namun, kini, duduk dalam waktu yang lama juga bisa menjadi penyebab dari skoliosis.

Banyak pekerja kantoran yang harus duduk lebih adri delapan jam per hari tanpa adanya relaksasi atau setidaknya berdiri dan berjalan-jalan meregangkan tubuh. Hal ini ternyata bisa menyebabkan kondisi skoliosis dan menghambat pertumbuhan tulang. Duduk dalam jangka waktu yang lama ternyata juga bisa mempengaruhi panjang dari kaki. Beberapa orang yang sering duduk dalam kondisi satu kaki menaiki kaki lainnya bisa membuat panjang kaki yang berbeda dan akhirnya berpengaruh pada bentuk tulang belakang.

Tubuh yang sudah terkena masalah skoliosis biasanya akan terlihat dari postur bahu yang tidak seimbang dimana salah satu bahu akan terlihat lebih tinggi dari bahu yang lain. Selain itu, tubuh pun cenderung akan condong ke satu sisi dan kepalanya tidak akan lagi seimbang dengan panggul. Kondisi ini ternyata bisa menyebabkan otot mudah terasa nyeri mengingat postur tubuh yang tidak simetris sehingga pembagian beban pun tidak merata.

Baca Juga:  Krokodil Bisa Bikin Pecandunya Seperti Mayat Hidup

Untuk mengatasi skoliosis, kita tentu harus melakukan konsultasi pada dokter atau ahli terapi yang mengerti tentang pertumbuhan dan kelainan tulang. Terdapat banyak cara menyembuhkan skoliosis dari penggunaan brace atau penyangga atau bahkan memakai metode sports therapi. Selain itu, penderita skoliosis juga bisa mencoba yoga yang dikhususkan untuk penyembuhan skoliosis sehingga postur tubuh akan menjadi lebih baik dan lebih sehat.