Duduk Terlalu Lama Berisiko Terkena Varises

Doktersehat.com – Varises tidak hanya muncul pada kaki orang-orang yang sering berdiri saja. Ternyata kebanyakan duduk pun dapat memicu munculnya varises. Varises pada kaki disebabkan pelebaran pembuluh darah vena.



Normalnya pembuluh darah akan mengalirkan darah dari kaki menuju ke jantung. Namun, apabila katup mengalami gangguan maka hal ini dapat menyebabkan darah terkumpul pada kaki dan mengakibatkan pelebaran pembuluh darah.

Duduk yang terlalu lama dapat menyebabkan kaki tertekan. Biasanya pada saat duduk, kaki tidak melakukan aktivitas apapun. Hal ini biasa dialami oleh karyawan kantor, bahkan menurut dr. Kris, seorang ahli varises, seseorang yang sering naik pesawat terbang pun dapat mengalami gejala varises.

Tekanan pembuluh darah pada kaki dapat menimbulkan rasa pegal pada kaki, rasa terbakar, nyeri betis, kram, atau kulit terasa kering dan menipis.  Waspadalah jika Anda mengalami tanda-tanda tersebut, karena tanda-tanda yang ditunjukan itu merupakan gejala dari varises.

Selain itu, duduk dengan posisi kaki yang bertopang pada kaki yang lain juga dapat memicu pelebaran pembuluh vena.  Oleh karena itu, bagi Anda yang selalu dituntut untuk duduk berjam-jam sebaiknya lakukan peregangan kaki selama 10 menit setiap dua jam sekali. Anda bisa gunakan waktu saat berjalan ke kamar mandi atau berjalan mengambil minum di dapur sebagai peregangan otot kaki.

Varises memang tidak membahayakan, namun pada beberapa kasus, varises bisa menjadi tanda adanya penyumbatan dalam pembuluh darah yang lebih dalam yang biasa disebut deep vein thrombosis. Apabila Anda mengalami hal tersebut, maka Anda harus menjalani pengobatan serius.

 

Sumber: health.okezone.com