Duduk Empat Jam Dalam Sehari Mampu Meningkatkan Risiko Kanker Usus

Photo Credit : www.pixabay.com

DokterSehat.Com– Meskipun terlihat nyaman untuk dilakukan. Dalam realitanya duduk dalam waktu yang lama bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan. Sebagai contoh, penelitian terbaru yang dilakukan oleh para ahli dari Imperial College London, University of Oxford, serta International Agency for Research on Cancer (IARC) menghasilkan fakta mengejutkan tentang kebiasaan duduk dalam waktu lama yang ternyata bisa meningkatkan risiko kanker usus dengan drastis.

Dikutip dari Imperial.ac.uk, pakar kesehatan menyebutkan bahwa duduk selama 4 jam saja dalam sehari sudah mampu meningkatkan risiko terkena kanker usus, khususnya bagi pria.

Dalam penelitian yang dilakukan dengan mengecek data dari sekitar 500 ribu pria dan wanita di seluruh dunia selama 6 tahun ini, disebutkan bahwa 2.391 partisipan mengembangkan masalah kanker usus di akhir masa penelitian. Tak hanya karena duduk-duduk dan tak banyak bergerak, munculnya kanker ini ternyata juga disebabkan oleh kebiasaan merokok dan ngemil makanan tidak sehat.

Dr. Neil Murphy yang memimpin penelitian ini menyebutkan bahwa duduk terlalu lama bisa membuat berat badan meningkat dan lemak di dalam tubuh semakin menumpuk. Tanpa disadari, perubahan ini bisa mempengaruhi kadar hormon di dalam darah dan senyawa-senyawa lainnya. Kondisi ini juga akan mempengaruhi kesehatan sel-sel tubuh dan akhirnya memicu datangnya kanker usus.

Meskipun sama-sama duduk dalam waktu lama, kaum hawa cenderung tidak mengalami peningkatan risiko kanker usus dengan signifikan karena mereka cenderung tidak merokok dan lebih baik dalam memperhatikan apa saja yang mereka makan. Sebagaimana kita ketahui, wanita lebih perhatian dengan berat badannya sehingga tidak akan sembarangan dalam memilih makanan.

Coba Sobat Sehat ingat-ingat, sudah berapa lama duduk-duduk saja hari ini?

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik