Duduk Dekat Jendela Bikin Cepat Tua

Doktersehat.com – Tanpa disadari ada banyak faktor yang dapat membuat kulit tampak lebih tua dari usia Anda. Selain rokok dan minuman alkohol, ternyata masih ada beberapa kebiasaan yang mengakibatkan penuaan dini:



1. Gula berlebih

Makanan yang banyak mengandung gula dapat membuat kulit terlihat tua. Saat diserap oleh tubuh gula akan dipecah menjadi glukosa. Proses ini mengakibatkan kolagen dalam kulit bertambah keras sehingga mengurangi kelenturan kulit. Oleh karena itu, gantilah camilan manis Anda dengan buah-buahan atau sayuran yang kadar gulanya rendah.

2. Duduk dekat jendela

Memakai sunblock yang mengandung SPF tiap pagi belum tentu dapat menjaga kulit dari efek negatif sinar matahari saat Anda sedang duduk dekat jendela mobil atau ruangan. Sinar ultraviolet memiliki gelombang yang panjang dan dapat menembus jendela kaca sehingga dapat melakukan penetrasi lebih dalam ke kulit. Oleskan sunblock tiap dua jam sekali untuk mencegah dampak buruk sinar ultarviolet saat sedang berada dalam mobil atau dekat dengan jendela.

3. Stres

Saat stres tubuh akan menghasilkan hormon stres, kortisol yang dapat meningkatkan kadar metalloproteinase yakni enzim yang memecah elastin dan kolagen. Akibatnya kulit jadi tampak lebih tua.

4. Penggunaan produk anti-aging yang salah

Penggunaan anti- aging yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda malah akan membuat kulit menjadi terlihat tua. Kerapkali produk anti- aging untuk kulit kering sebenarnya diperuntukkan untuk kulit yang sangat kering. Oleh karena itu, sebaiknya cermati terlebih dahulu komposisi produk kecantikan yang akan Anda gunakan. Jangan gunakan berlebihan dan jauh lebih baik bila kebutuhan nutrisi kulit Anda bersumber dari makanan yang sehat.

5. Polusi

Polusi dapat mengaktifkan MMPs yang bisa memecah elastin dan kolagen yang membuat kulit lebih cepat tua. Bila Anda sering terpapar polusi sebaiknya rajinlah merawat kulit dan konsumsi makanan dan minuman yang kaya antioksidan seperti vitamin E dan C.

Baca Juga:  Khasiat Madu Untuk wanita

Sumber: kompas.com