Dua Hal Ini Menjadi Penyebab Utama Luka Pada Penderita Diabetes

DokterSehat.Com – Para penderita diabetes haruslah berhati-hati dengan yang namanya luka. Bagaimana tidak, luka ini bisa jadi akan berimbas pada amputasi pada beberapa bagian tubuh karena sulit untuk disembuhkan dan berlanjut menjadi infeksi. Sebenarnya, apa sajakah penyebab dari terjadinya luka pada penderita diabetes yang sebaiknya mereka waspadai?

doktersehat-diabetes-gula-penyakit

Pakar kesehatan dr. Adisaputra R CWSP, FACCWS menyebutkan bahwa setidaknya ada dua jenis penyebab luka pada penderita diabetes yang harus diwaspadai, yakni penyakit neuropati dan juga vaskularisasi. Penyakit neuropati adalah kerusakan saraf yang disebabkan oleh tidak terkendalinya kadar gula di dalam darah. Kebanyakan penderita diabetes mengalami luka gara-gara masalah neuropati ini. Karena kondisi ini, penderita diabetes bisa mengalami penurunan kemampuan meraba pada ujung alat gerak layaknya pada kaki. Tak hanya menurunkan kemampuan meraba, seringkali hal ini menyebabkan luka yang muncul tidak terasa. Sebagai contoh, jika penderita diabetes sudah mengalami kapalan yang cukup tebal sebelumnya dan mengguntingnya dengan tujuan menghilangkan kapalan tersebut, bisa jadi kapalan ini akan mengalami pendarahan. Jika hal ini terlambat untuk diobati, dikhawatirkan hal ini akan menimbulkan infeksi yang berbahaya.

Penyebab lain dari luka pada penderita diabetes adalah vaskularisasi atau gangguan pada aliran darah. Hal ini membuat penderita diabetes akan merasakan nyeri pada ujung jari kaki. Karena vaskularisasi inilah cukup banyak penderita diabetes yang memiliki jari yang berwarna cenderung keunguan atau kehitaman. Vaskularisasi ini jelas tidak bisa disepelekan begitu saja dan harus mendapatkan penanganan medis yang tepat untuk menanganinya. Karena andai tidak ditangani dengan benar, bisa jadi vaskularisasi sudah mencapai jaringan sehingga mau tidak mau dokter harus membuang jaringan yang mati atau yang disebut sebagai amputasi.