Dry Shampoo Ternyata Tidak Direkomendasikan Oleh Banyak Pakar Kesehatan

DokterSehat.Com – Mendengar kata shampoo, kita tentu akan membayangkan sebuah sabun pencuci rambut yang digunakan dengan menggunakan air. Dengan rutin menggunakannya, maka kita bisa membersihkan rambut dan kulit kepala dari berbagai macam kotoran, kulit mati, hingga minyak berlebih. Mengingat kaitannya yang erat dengan air, maka kita tentu akan terheran-heran dengan adanya produk dry shampoo, bukan?

doktersehat-wanita-keramas-mandi-setelah-olahraga-berbahaya

Berbeda dengan shampoo biasa, dry shampoo bisa digunakan untuk membersihkan rambut tanpa perlu membilas rambut dengan air terlebih dahulu. Biasanya, dry shampoo ini digunakan oleh mereka yang cenderung sangat sibuk namun selalu dituntut untuk tampil dengan rapi dan bersih. Dengan hanya menyemprotkan dry shampoo ke rambut, maka mereka pun dengan mudah mendapatkan rambut yang lebih halus, wangi, dan lebih mudah ditata tanpa perlu berkeramas terlebih dahulu.

Meskipun terlihat praktis untuk digunakan, banyak pakar kesehatan yang ternyata tidak merekomendasikan penggunaan dry shampoo ini. Salah seorang dermatolog yang berasal dari New York, Amerika Serikat, bernama Fransesca Fusco. MD, berkata jika ada baiknya kita tidak terlalu sering menggunakan dry shampoo karena produk ini ternyata tidak akan mampu membersihkan rambut dan kulit kepala dari berbagai kotoran, debu, sel-sel kulit mati, bakteri, atau bahkan minyak berlebih. Saat rambut tetap dalam kondisi kotor, adanya tambahan bahan kimia dari dry shampoo tanpa pernah tersentuh oleh bilasan air akhirnya akan membuat rambut dan kulit kepala semakin kotor. Fusco sendiri berkata jika kerap menggunakan dry shampoo akan membuat pori-pori kulit kepala tertutup dan bahan kimia yang menempel pada rambut ini lama kelamaan akan memicu masalah rambut lepek dan kerusakan yang lebih parah.

Alih-alih memakai dry shampoo, Fusco menyarankan mereka yang tak sempat berkeramas namun mengalami bad hair day untuk mengkuncir rambutnya saja. Memang, hal ini tidak akan membuat rambut menjadi terlihat rapi ataupun lebih wangi. Namun, setidaknya kita menghindarkan rambut dari masalah yang jauh lebih parah.