Dosis Seks Untuk Kesehatan

DokterSehat.Com – Para pakar kesehatan di dunia telah melakukan beberapa penelitian yang menghubungkan intensitas aktivitas seks dengan kesehatan. Singkatnya, seks semakin sering, semakin bagus untuk kesehatan. Berapa pun dosisnya, sebaiknya dalam kurun waktu satu minggu Anda mesti meluangkan waktu untuk bercinta.

3

  • Buang stres. Dosis : 1 satu kali seminggu
    Dosis seks sekali dalam seminggu akan membuat tubuh melepas hormon antistres yang bernama oksitoksin. Menurut penelitian para ahli di University of Paisley di Skotlandia, level oksitoksin ini akan menurunkan tekanan pada pembuluh darah arteri. Cara : Lakukan seks di pagi hari untuk melawan rasa cemas sepanjang hari. Efek pelepasan oksitoksin ini masih akan terasa hingga malam hari, tapi hati-hati, karena hormon ini dapat menimbulkan rasa kantuk. Manfaat ini tidak berlaku jika Anda melakukan masturbasi. Oksitoksin hanya akan dilepas jika ada penetrasi.
  • Jantung sehat. Dosis : Dua kali seminggu
    Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada sekitar 1.000 responden selama periode 16 tahun oleh New England Research Institute di Massachussets, Amerika Serikat, seks dua kali seminggu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular hingga 45%, jika dibandingkan dengan pria yang hanya melakukan seks satu kali dalam seminggu, atau bahkan kurang. Cara : Distribusikan dua dosis seks tersebut sepanjang minggu untuk mendapat manfaat maksimal. Selain manfaat emosional dalam hubungan intim, jantung juga melakukan latihan kardio sepanjang aktivitas seksual.
  • Bebas pilek. Dosis : Tiga kali seminggu
    Dosis ini akan meningkatkan sistem daya tahan tubuh hingga 30% untuk melawan penyakit. Studi di Wilkes University menunjukkan bahwa seks 2-3 kali per minggu akan meningkatkan produksi imuglobulin A –antibodi yang membantu dalam melawan flu. Cara : Lakukan dengan hati-hati dan pilihlah seks yang aman. Penelitian dari University of San Fransisco menyebutkan, walaupun seks 3 kali seminggu membuat sistem imun lebih baik, namun orang dengan aktivitas seksual aktif malah cenderung lebih mudah terkena infeksi sehingga lebih rentan untuk sakit.
  • Tegak lurus dengan langit. Dosis : Empat kali seminggu
    Semakin banyak seks, makin sempurna kemampuan Anda di ranjang. American Journal of Medicine yang melakukan penelitian pada 1000 responden di Finlandia melaporkan, pria yang melakukan seks minimal empat kali dalam seminggu 50% lebih kecil kemungkinannya terkena disfungsi ereksi, ketimbang  pria yang hanya menikmati seks selama satu kali dalam seminggu. Penelitian ini dilakukan selama lima tahun. Cara : Lakukan seks pertama saat bangun pagi. Karena studi di Finlandia mengatakan bahwa jika tidak melakukannya di pagi hari, justru cenderung akan mengalami disfungsi ereksi. Alasannya, pria yang hanya mengalami satu kali ereksi di pagi hari dalam periode seminggu, memiliki kecenderungan berisiko mengalami disfungsi ereksi kelak di kemudian hari.
  • Awet muda. Dosis : Lima kali seminggu
    Pria yang melakukan seks lebih dari empat kali dalam seminggu, terlihat 12 tahun lebih muda. Setidaknya, itulah hasil penelitian yang dilakukan para ahli di University of Pittsburgh. Terbukti pula, pelepasan testosteron secara teratur membuat elastisitas kulit menjadi lebih baik. Cara : Lakukan seks berdekatan dengan sesi aktivitas fisik rutin seperti jadwal latihan, untuk melipatgandakan hasilnya. Testosteron memerbaiki kemampuan otot untuk menyerap protein, sekaligus dapat memaksimalkan pembentukan otot pada saat sesi latihan fisik. Yup, Anda  tak salah baca : Melakukan seks lebih sering membuat Anda awet muda sekaligus mempercepat pembentukan otot.
  • Pangkas angka timbangan. Dosis : Enam kali seminggu
    Melakukan seks enam kali seminggu dalam sebulan, adalah cara paling mudah untuk menghilangkan 0.5 kilogram lemak tubuh, tanpa olahraga. Jika sanggup memertahankan dosis enam kali seminggu dalam setahun, maka berat badan Anda akan turun 6 kilogram. Cara : Seks enam kali dalam seminggu akan membakar 144 kalori dalam 30 menit, dan irama jantung Anda akan berdetak antara 70 – 150 kali dalam semenit, setara dengan latihan fisik yang dilakukan seorang atlet.
  • Bombardir si kanker. Dosis : Tujuh kali seminggu
    Menurut British Journal of Urology International, pria yang ejakulasi tujuh kali dalam seminggu, akan mengalami penurunan risiko terkena kanker prostat hingga 33 persen. Cara : Lakukan dosis seks satu kali sehari, setiap hari. Jika terlewat satu hari, maka lakukan seks dua kali di hari berikutnya. Tapi itu terserah Anda, apakah Anda mau atau punya kesempatan untuk melakukannya.