Donor Mata

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Kebutaan adalah ‘penyebab sekaligus akibat’ dari kemiskinan

DokterSehat.com – Mendonorkan kornea mata adalah sesuatu yang sangat mulia. Ketika tubuh kita sudah tidak bernyawa, kita dapat tetap menjadi mukjizat bagi orang lain yang sangat membutuhkan. Jadilah bagian dari mukjizat bagi orang lain dengan cara iklas untuk beramal kornea mata kita bagi orang lain. Mereka dapat melihat kembali dan mengenal cahaya melalui kita bahkan setelah kita sudah telah dipanggil oleh-Nya

Menjadi donor mata TIDAK bertentangan dengan semua ajaran agama. Anda menjadi donor mata apabila sudah meninggal dunia dan atas persetujuan ahli waris / keluarga.

Donor Mata Di Indonesia

Jumlah donor mata di Indonesia jauh lebih sedikit daripada jumlah kornea mata yang dibutuhkan bagi orang lain yang mengalami kebutaan kornea.Padahal donor mata sangat dibutuhkan bagi orang yang mengalami kebutaan kornea. Jumlah calon donor mata yang terdaftar di Bank Mata Indonesia sangat rendah apabila dibandingkan penduduk Indonesia.

Saat ini Indonesia banyak menerika kornea donor dari Srilanka, India, Belanda maupun Amerika Serikat. Penduduk Srilanka yang mayoritas beragama Budha, secara sukarela mendonasikan matanya pada saat meninggal dunia.

Kalau mereka saja iklas dan bisa menyumbangkan matanya kenapa kita tidak bisa  dengan jumlah penduduk yang jauh lebih tinggi ? Sudah seharusnya saling berlomba untuk berbuat kebajikan membantu saudara-saudara kita yang kurang beruntung.

 

Seputar Tabu Donor Mata

  1. Diminta Pertanggung jawaban setelah kematian
    Banyak orang merasa  donor mata tidak boleh dilakukan karena takut diminta pertanggung jawaban setelah meninggal di akhirat. Mereka takut kornea mata digunakan untuk melihat untuk hal-hal yang jahat. Tetapi tahukan anda sebetulnya penglihatan dan kornea mata adalah dua hal yang berbeda ? Kornea Mata adalah bagian dari organ mata. Sedangkan gambaran / penglihatan adalah apa yang dilihat oleh mata. “Yang kita pertanggung jawab adalah apa yang kita lihat, lakukan, ucapkan dan bukan kornea mata nya.
  2. Seluruh bola mata diambil saat didonorkan
    Setelah kita meninggal dan apabila kita telah terdaftar di calon donor mata maka ahli waris wajib memberitahukan pihak Bank Mata Indonesia kurang dari 6 jam setelah calon donor mata dinyatakan meninggal dunia maka pihak bank mata Indonesia akan segera mengirimkan petugas nya untuk melakukan operasi kecil pengambilan kornea di tempat jenazah dibaringkan dan hanya mengambil kornea nya saja BUKAN bola matanya. Operasi kecil itu sangat cepat kurang dari 15 menit.
  3. Orang bermata minus/positif/silinder tidak boleh mendonorkan mata
    Hal itu tidaklah benar karena sebenarnya yang didonorkan adalah kornea nya bukan lensa mata. Oleh karena itu selama kornea masih dalam keadaan baik / tidak terlalu rusak, kornea mata anda dapat didonorkan dan menolong orang yang membutuhkan
  4. Donor Mata dilakukan saat orang masih hidup
    Hal itu tidaklah benar karena donor mata dilakukan saat pendonor sudah meninggal saja yang dilakukan di Indonesia. Bank Mata Indonesia tidak menerima donor dari orang yang masih hidup. Dan seluruh proses pendonoran tidak dipungut biaya apapun.

 

Fakta Kesehatan Seputar Orang Buta

Tahukan Anda ? Mereka yang tidak beruntung dapat melihat bahkan bersedia ‘menukarkan’ 67-95 persen sisa hidupnya untuk dapat melihat kembali. Apakah anda bersedia untuk membantu mendonorkan kornea anda yang sudah tidak dibutuhkan saat meninggal nanti tetapi dapat membuat hidup seseorang berarti?

 

Syarat dan Cara Menjadi Calon Donor Mata

  1. Sudah diatas 17 tahun dan iklas tanpa paksaan dari pihak lain
  2. Disetujui keluarga / ahli waris
  3. Terdaftar di Sekretariat Bank Mata Indonesia
    (Anda juga dapat mendapat form ini melalui DokterSehat.com , mencetak, mengisi dan menandatangani dan mengirimkan via email ke [email protected], kami akan bantu memproses formulir ke Bank Mata Indonesia dan akan mingirimkan kartu keanggotaan ke alamat anda GRATIS)
  4. Mengisi surat pernyataan lengkap

Sebagai bukti pendaftaraan calon donor mata yang telah berhasil akan mendapatkan Kartu Anggota Calon Donor Mata. Segala proses pendaftaran calon donor mata adalah TIDAK DIPUNGUT BIAYA / GRATIS.


Catatan:

Calon donor tidak akan diambil kornea matanya apabila:

  • Tidak diketahui kapan dan penyebab kematian
  • Menderita penyakit systemis maupun syarat pusat yang disebabkan virus  AIDS, Hepatitis, CythoMegalo Virus maupun Rabies / Anjing Gila
  • Tumor ganas yang bersifat systemis  seperti Loukemia, Lymphoma Malignum.

 

Berbagai Gambar yang diambil Team DokterSehat.com

Diatas adalah gambar salah satu kornea yang telah di donorkan oleh seorang budiman yang telah meninggal. Semoga amal baiknya diterima olehNya

Kornea yang didonorkan, bagian yang diambil hanyalah korneanya saja. Coba dibandingkan dengan tangan dari petugas Bank Mata Indonesia

Photo struktur mata untuk menjelaskan bahwa kornea adalah lapisan terluar mata. Dan hanya itu saja yang diambil pada saat proses pendonoran dan pendonor tersebut dalam kondisi telah meninggal dunia

Foto dari donatur International Cornea Project yang berlokasi di USA untuk salah seorang resipien di Indonesia. Malukah kita karena ternyata bukan kita sendiri yang menolong sesama kita di Indonesia?

Foto proses cangkok kornea mata yang telah berhasil dilakukan dan memberikan penglihatan bagi yang sebelumnya tidak dapat melihat. Apakah ada proses beramal yang lebih indah daripada ini?

  

Foto ruangan Bank Mata Indonesia di R.S Mata AINI, di ruangan inilah para petugas yang tidak pernah kenal lelah membantu para calon donor mata dan resipien membuat dan mendapatkan mukjizatnya untuk berbagi penglihatan.

Salah Satu Lokasi Bank Mata Indonesia di Jakarta :

RS Mata Prof. Dr Isak Salim AINI
Jl. HR. Rasuna Said (Kuningan)
Karet Jakarta Selatan 12920
KCP Jakarta Wisma Nusantara

Telpon : 021 5206659

Atau anda juga dapat mengakses link dibawah ini untuk mendaftar secara online melalui DokterSehat.com

>>Daftar Online Menjadi Calon Donor Mata<<

Berbagai Pandangan Menjadi Donor Mata

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. Anonymous

    Doc, saya mau tanya apa benar-benar tidak diperbolehkan untuk orang yang masih hidup mendonorkan matanya? kalau misalkan saya sendiri menyetujui dan saya ikhlas mata saya ini menjadi buta karena kornea mata saya didonorkan ke orang lain, bagaimana jika saya bersedia membuat surat pernyataan khusus perihal berkaitan dengan ini? semacam surat perjanjian/hitam diatas putih? ada orang yang ingin melihat sedangkan saya justru keterbalikannya, maksudnya dari pada dari pada saya membutakannya sendiri alangkah lebih baiknya memberikan penglihatan ini kepada orang lain yang membutuhkan, alasanya kenapa saya menginginkan mata saya buta? karena saya sudah tidak minat melihat keindahan dunia ini berserta isinya yang membuat saya terbuai oleh pesona keindahannya. saya ingin fokus menjadi para pencari Tuhan tapi dengan mata yang tidak melihat! dikarenakan saya seringkali lalai dan terjerumus kembali kedalam lubang yang sama, susah jika mata ini masih tetap dapat melihatnya. sebenarnya saya sudah sangat mantap ingin melakukan hal tersebut tapi tidak dengan cara anargis melainkan yang saya inginkan melalui jalan operasi. please doc… demi pertobatan saya yang menginginkan sungguh-sungguh.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. indah

    dok..saya mau tanya
    dulu pas saya masih kelas 2 sd
    saya mengalami kecelakaan yg mengakibatkan mata kiri saya yg hitam pecah dan sekarang menjadi putih dan membesar
    umur saya sekarang 19, apakah saya bisa mendapatkan donor mata dok ?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. Author
    Dokter Sehat

    Maaf kami tidak melayani transaksi jual beli organ karena itu melanggar hukum dan merusak kesehatan. Thanks

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. Thrisna

    tapi saya tidak niat menjual, dokter…
    tapi ikhlas ingin membantu yang membutuhkan

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. dr. nellyn angela

    Selamat malam Kak Trisna,

    Cobalah untuk menghubungi alamat dan telp lebih lanjut diatas untuk informasi lebih lanjut mengenai hal tersebut.

    Terima kasih

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. Thrisna

    Iyah Pagi Dokter… :-)

    Makasih yah Dokter….
    Kalo secara Online aja, adakah..? tentang donor organ..? seperti pada donor mata itu…?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

Leave a Comment