Melakukan Operasi, Dokter Bedah yang Sedang Hamil Ini Pingsan

dokter_hamil_doktersehat_1
Photo Source: South China Morning Post

DokterSehat.Com– Seorang dokter bedah berusia 42 tahun bernama Yu Xianyou dari Zhangjiajie Peoples Hospital, Provinsi Hunan, Tiongkok, harus melakukan operasi 4 kali berturut-turut tanpa sempat beristirahat. Yang menjadi masalah adalah, Yu saat itu sedang dalam kondisi hamil 5 bulan. Kondisi ini membuatnya kelelahan dan akhirnya jatuh pingsan.

Dilansir dari South China Morning Post, foto Yu yang sedang beristirahat dengan seragam operasi setelah siuman viral di media sosial. Terlihat jelas kakinya membengkak, tangannya memegangi perutnya yang sudah membesar, dan terdapat selang oksigen yang dipasang di hidungnya. Yu juga terlihat sangat kelelahan dengan tubuh dan kepala bersandar di tembok.

Pihak rumah sakit menyebutkan bahwa Yu tetap bekerja dari pukul 09.00 hingga 16.00 sore. Meski kondisinya sedang hamil, Yu tetap melakukan pekerjaannya dengan baik karena berpikir jika ada banyak nyawa pasien yang harus diselamatkan. Sayangnya, kerja kerasnya dan kondisinya yang sedang hamil membuatnya mengalami kelelahan.

Manajer perawat rumah sakit Xiong Chunbo menyebutkan bahwa selama proses operasi yang sangat lama, Yu tidak sempat beristirahat. Ia juga mengalami penurunan kadar gula darah dengan signifikan. Setelah jatuh pingsan dan siuman, Yu pun diminta untuk beristirahat dan mendapatkan bantuan oksigen.

“Ahli bedah harus melakukan operasi dengan konsentrasi tinggi. Hal ini sangat menguras tenaga dan bisa menyebabkan kelelahan,” ucap Xiong.

Yu didiagnosis terkena kelelahan dan hipoksia, kondisi dimana jumlah oksigen tidak cukup untuk mencapai jaringan tubuh. Banyak orang yang kemudian memuji dedikasi Yu sebagai seorang dokter yang berusaha keras menyelamatkan nyawa orang lain, namun mereka juga meminta Yu dan dokter-dokter lainnya agar tetap mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan tidak memaksakan diri jika sudah lelah.