Dokter Berhasil Menarik Cacing Pita Sepanjang Hampir 2 Meter Melalui Mulut Pria Ini

DokterSehat.Com – Sebuah kasus mengerikan terjadi di India dimana dokter yang berasal dari New Delhi, baru-baru ini berhasil mengeluarkan cacing pita dengan panjang 1,88 meter dari tubuh seorang pria. Banyak orang yang tak bisa membayangkan proses penarikan cacing pita ini mengingat dokter mengeluarkannya langsung dari mulutnya!

doktersehat-Askariasis-Infeksi-Cacing-Gelang

Sebelumnya, kita lebih sering mendengar cacing pita dengan ukuran yang luar biasa dikeluarkan dari perut seseorang dengan cara operasi bedah. Namun, apa yang terjadi pada pria berusia 48 tahun ini memang sangat berbeda. Semua ini berawal pada dua bulan lalu dimana sang pria malang ini mengalami nyeri perut yang akut. Sayangnya, pria ini cenderung mengabaikan rasa sakitnya hingga baru-baru ini akhirnya memeriksakan kondisinya ke dokter karena terasa semakin parah.

Dr. Cyriac Philips, ahli kesehatan organ hati dari PSV Memorial Hospital di India pun akhirnya melakukan prosedur kolonoskopi pada sang pria, cara yang biasa dilakukan untuk mengecek usus besar melalui anus dengan menggunakan tabung panjang yang fleksibel dengan kamera dan juga senter kecil di ujungnya. Setelah itu, dokter juga melakukan prosedur endoskopi untuk mengecek bagian perut dan bagian atas usus halusnya. Dr. Philips kemudian sangat terkejut dengan apa yang ditemukannya; cacing pita sepanjang 1,88 meter yang berdiam di usus halus pria ini.

Beruntung, dokter berhasil menarik cacing pita ini melalui mulut sang pria malang. Selama 1 jam 15 menit, pria ini pun kemudian dibius agar cacing ini bisa segera ditarik tanpa membuatnya merasa jijik. Setelah itu, pria ini pun mendapatkan obat anti-parasit sehingga andai ada cacing pita lainnya yang belum ditarik oleh dokter, cacing tersebut bisa mati.

Seminggu setelah prosedur operasi ini dilakukan, pria ini kondisinya semakin membaik dan perutnya tak lagi terasa sakit.