Divertikulitis

DokterSehat.Com – Divertikulitis adalah peradangan pada satu atau lebih divertikula dalam saluran pencernaan. Divertikulitis adalah kantong kecil yang menggembung dan dapat terbentuk di mana saja di sistem pencernaan, termasuk lambung, kerongkongan dan usus kecil. Namun, divertikula paling sering ditemukan dalam usus besar. Divertikula yang umum, terjadi pada orang setelah memasuki usia 40 tahun. Bila Anda memiliki peradangan pada divertikula, kondisi ini dikenal sebagai diverticulosis.

doktersehat-kanker-usus-besar-stroke-Kolitis-Iskemik-nyeri-dada-Inkontinensia-Usus

Penyebab
Penyebab peradangan atau infeksi pada divertikula ini tidak jelas. Satu teori menyatakan bahwa divertikulitis disebabkan oleh peningkatan tekanan dalam usus besar dapat melemahkan dinding divertikula, yang menyebabkan infeksi. Teori lain menyatakan bahwa bukaan sempit divertikula bisa menjebak kotoran, yang dapat menyebabkan infeksi. Atau halangan dalam pembukaan sempit divertikulum dapat mengurangi suplai darah ke daerah, yang menyebabkan peradangan.

Gejala 
Tanda-tanda umum dan gejala diverticulitis meliputi:

  • Nyeri yang sering tiba-tiba, parah dan terletak di sisi kiri bawah perut
  • Perubahan kebiasaan buang air besar
  • Nyeri perut
  • Demam
  • Mual dan muntah
  • Sembelit
  • Diare
  • Kembung
  • Pendarahan dari dubur

Pengobatan
Pengobatan dapat dilakukan sesuai tingkat keparahan diverkulitis, yaitu:

  1. Perawatan rumah
    Jika kondisi tidak parah, Anda cukup beristirahat dan mengonsumsi makanan cair selama beberapa hari untuk menyembuhkan infeksi. Setelah gejala membaik, biasanya dalam waktu tiga hari, secara bertahap Anda dapat menambahkan makanan tinggi serat, seperti biji-bijian, buah-buahan dan sayuran. Selain itu, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik untuk membantu membunuh bakteri penyebab infeksi. Jika nyeri sedang atau berat terjadi, dokterdapat merekomendasikan pereda nyeri, seperti acetaminophen (Tylenol, orang lain).
  2. Rawat Inap
    Jika Anda mengalami gejala yang lebih parah yang menempatkan Anda pada risiko obstruksi usus atau peritonitis, atau Anda telah mengembangkan komplikasi divertikulitis, seperti abses, Anda mungkin perlu dirawat di rumah sakit untuk menerima antibiotik intravena.
  3. Operasi
    Jika Anda memiliki perforasi, abses, fistula atau diverticulitis berulang, dokter dapat merekomendasikan operasi untuk mengangkat bagian yang sakit dari usus Anda.