Ditemukan, Plester Baru yang Bisa Mengatasi Sariawan

DokterSehat.Com – Meskipun termasuk dalam penyakit yang ringan dan berukuran kecil, dalam realitanya sariawan adalah penyakit yang bisa sangat menyiksa dan mengganggu aktivitas makan dan minum harian. Kadangkala, sariawan bisa bertahan hingga berhari-hari lamanya dan andai kita mengoleskan atau meneteskan obat, rasa perih pun bisa muncul dan membuat kita semakin menderita. Beruntung, sebueh penelitian terbaru berhasil menemukan obat baru yang bisa mengatasi sariawan dengan bentuk plester. Seperti apakah plester sariawan ini?

doktersehat-sakit-gigi-sariawan-lubang

Plester sariawan ini bernama Ulceloocin dan diyakini tidak akan memicu rasa perih karena akan berubah menjadi gel yang menempel dengan erat pada luka sariawan. Selain itu, bahan hydrogel kering dari plester ini juga termasuk aman andai bersentuhan dengan makanan atau minuman yang kita telan.

Pakar kesehatan gigi dari Fakultas Kedokeran Universitas Trisakti pun melakukan penelitian pada plester sariawan ini. Salah seorang peneliti, drg. Rahmi Amtha, MDS, Sp PM PhD, menyebutkan jika plester sariawan ini aman untuk digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak dan cukup efektif untuk menyembuhkannya. Drg. Rahmi juga menyebutkan jika plester ini mampu menjadi penutup luka sariawan dengan baik sehingga akan membantu jaringan luka atau sariawan ini untuk melakukan regenerasi dan menyembuhkan diri.

Menurut drg. Rahmi, obat plester sariawan ini juga sangat mudah untuk digunakan. Kita tinggal cukup menempelkannya pada luka sariawan saat kondisinya basah terkena air liur dan sebelum mengkonsumsi makanan. Biasanya luka sariawan akan segera sembuh setelah kita menempelkan plester ini selama empat hari. Hanya saja, andai sariawan disebabkan oleh faktor sistemik, maka sariawan akan membutuhkan waktu satu hingga dua minggu untuk sembuh.

Apakah anda tertarik untuk menggunakan plester ini andai terkena sariawan?