Disebut Zat Sehat, Ini Kebaikan Antioksidan Untuk Tubuh

doktersehat-manfaat-antioksidan

DokterSehat.Com– Anda tentu sering mendengar tentang antioksidan kan? Antioksidan kerap disebutkan sebagai zat yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Kira-kira, apa sih yang akan dirasakan tubuh dengan adanya asupan antioksidan?

Antioksidan kita peroleh dari konsumsi bahan makanan segar. Buah, sayur dan kacang-kacangan memiliki kandungan antioksidan yang paling tinggi diantara golongan bahan makanan lainnya.

Antioksidan ada pada cukup banyak jenis zat gizi, mulai dari vitamin C dan E, serta fitonutrien yang memiliki berbagai jenis kandungan antioksidan mulai dari polifenol, flavonoid, fitoestrogen dan masih banyak lagi.

Manfaat utama antioksidan

Keunggulan utama zat antioksidan adalah untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas kini telah menjadi musuh untuk tubuh karena radikal bebas dapat memicu gangguan kesehatan.

Radikal bebas akan membahayakan tubuh karena merusak sel tubuh dan berbagai komponen dalam sel. Secara terus menerus radikal bebas akan menyebabkan tubuh mengalami gangguan yang disebut stres oksidatif, hal inilah yang menjadi pemicu utama terjadinya penyakit.

Radikal bebas yang berbahaya ini bisa dilawan secara efektif oleh zat antioksidan.

Fungsi antioksidan dalam melawan radikal bebas

Antioksidan akan memberikan manfaat utama dalam melawan radikal bebas dengan:

  • Menangkal masuknya radikal bebas dalam tubuh
    Zat antioksidan mampu mencegah masuknya radikal bebas. Hal ini dilakukan dengan memberikan asupan senyawa yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Merusak radikal bebas yang telah masuk dalam tubuh
    Radikal bebas yang telah masuk dalam tubuh akan dilawan oleh senyawa dari antioksidan. Hal ini akan sangat baik untuk mencegah kerusakan pada sel tubuh.

  • Mencegah terjadinya penyakit
    Berkaitan dengan dua hal di atas, maka antioksidan sangat efektif untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit, utamanya penyakit yang disebabkan oleh kerusakan sel seperti kanker.

Dengan mengonsumsi buah dan sayur paling tidak lima porsi dalam sehari, maka manfaat antioksidan akan dirasakan maksimal oleh tubuh.

Kini, Anda sudah tahu kan manfaat hebat dari antioksidan untuk tubuh kita?

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik