Dinyatakan Meninggal, Bayi Ini Mendadak Hidup Saat Akan Dimakamkan

DokterSehat.Com– Salah satu dari bayi kembar yang baru saja dilahirkan di New Delhi, India, dikabarkan meninggal dunia oleh tenaga medis yang membantu proses persalinan. Namun, orang tua bayi menyadari bayinya bergerak tatkala berada di kantong jenazah tatkala sedang dibawa menuju pemakaman.

doktersehat-sifilis-kongenital-bayi-Harlequin-Ichthyosis-mikrosefali

Sang kakek dari bayi bercerita bahwa keluarganya langsung melarikan bayi itu kembali ke rumah sakit agar bisa mendapatkan pertolongan medis dan tetap bertahan hidup. Beruntung, tindakan cepat keluarga ini berhasil menyelamatkan nyawa sang bayi.

Insiden ini terjadi di Rumah Sakit Max, salah satu rumah sakit swasta yang ada di ibukota India ini. Sang ibu melahirkan bayi kembar namun tenaga medis menemukan salah satu bayinya berada dalam kondisi terbujur kaku. Beberapa jam kemudian, dokter rumah sakit juga mengungkapkan bahwa kembaran lainnya ikut meninggal dunia sehingga membuat kedua bayi yang baru lahir ini dimasukkan ke dalam kantong jenazah.

Insiden ini memantik kemarahan dari publik India. Banyak masyarakat yang bahkan mempertanyakan kualitas dari rumah sakit atau klinik swasta yang sebenarnya sudah mematok harga yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan rumah sakit yang dikelola pemerintah. Bahkan, Gubernur Delhi bernama Arvind Kejriwal meminta pihak kepolisian untuk segera melakukan penyelidikan. Sementara itu, Menteri Kesehatan Delhi menganggap insiden ini sebagai kelalaian yang bisa berujung pidana.

Pihak rumah sakit sendiri hanya mengungkapkan rasa prihatin akan insiden ini dan meminta dokter yang terlibat dalam kasus ini untuk cuti selama penyelidikan dilangsungkan.

Kasus yang menimpa rumah sakit di India ini adalah yang kedua kalinya dalam dua bulan terakhir. Bulan November 2017, seorang bocah perempuan harus meregang nyawa di rumah sakit dan orang tuanya menganggap pihak rumah sakit meminta biaya terlalu mahal sehingga anaknya tidak tertolong.