Digigit Nyamuk, Bocah Thailand Ini Mengalami Gejala Misterius

DokterSehat.Com – Sebuah kasus misterius muncul di Thailand dimana seorang anak berusia dua tahun bernama Momo mengalami gejala kesehatan yang aneh pada kulitnya. Di sekujur tubuhnya, Momo mengalami masalah kulit melepuh layaknya terbakar yang diawali dari gigitan nyamuk pada paha sang bocah. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-nyamuk-malaria

Sebagaimana bekas gigitan nyamuk pada umumnya, paha sang bocah awalnya hanya menimbulkan gejala gatal-gatal dan ruam-ruam. Sayangnya, ruam-ruam yang muncul pada paha Momo tak kunjung menghilang dan justru menyebar semakin parah ke seluruh bagian tubuh. Melihat kondisi ini, keluarga Momo pun segera melarikannya ke rumah sakit. Tim dokter yang menangani Momo pun sudah berusaha untuk melakukan cangkok kulit pada pahanya, namun, sayangnya tindakan ini tak berhasil mengatasi masalah kulit ini. Sakit pada kaki Momo bahkan menjadi semakin parah dan akhirnya membuat sang bocah kesulitan untuk berjalan.

National Health Service sendiri menyebutkan jika kasus yang menimpa Momo sangatlah aneh dan belum pernah terjadi sebelumnya. Biasanya, gigitan atau sengatan dari serangga, khususnya nyamuk, akan segera pulih dalam waktu beberapa jam atau beberapa hari saja. Selain memicu gatal-gatal, gejala kulit yang memerah atau membengkak juga biasanya hanya akan muncul untuk sementara waktu saja.

Pakar kesehatan dari University of Leeds sendiri menyebutkan jika ada kemungkinan garukan pada bekas gigitan serangga yang pada akhirnya memicu infeksi atau masalah kesehatan lainnya. Memang, ada beberapa jenis nyamuk yang membawa infeksi virus sehingga setelah digigit kita bisa mengalami penyakit layaknya demam berdarah, malaria, dan penyakit lainnya, namun, apa yang terjadi pada Momo memang masih menjadi misteri dan memerlukan penelitian lebih mendalam.

Satu hal yang pasti, andai setelah digigit nyamuk atau serangga lainnya kita mengalami gejala layaknya tubuh yang menggigil, sakit kepala, hingga demam, segeralah memeriksakan kondisi ini ke dokter karena dikhawatirkan menjadi tanda akan adanya penyakit serius.