Digigit Kutu, Bocah Kecil Ini Lumpuh Sementara

kailyn_kirk_lumpuh_digigit_kuku_doktersehat_1
Photo Source: ABC News

DokterSehat.Com– Jangan remehkan kutu yang terkadang bisa hinggap di rambut atau kasur kita. Meskipun terlihat seperti hewan yang kecil dan rapuh, gigitannya bisa memberikan efek yang tak bisa disepelekan. Tak hanya memicu gatal-gatal, gadis kecil berusia 5 tahun bernama Kailyn Kirk bahkan sampai mengalami lumpuh sementara hanya gara-gara digigit kutu di rambutnya.

Dilansir dari ABC News, ibu Kailyn, Jessica Griffin heran tatkala tahu anaknya terjatuh saat bangun pagi. Kailyn juga kesulitan berbicara. Setelahnya, Jessica menemukan kutu yang menggigit kulit kepala sang anak. Sang ibu sadar ada yang salah dengan hal ini dan segera melarikan anaknya ke rumah sakit.

Kutu yang ia temukan masih sempat dimasukkan ke dalam plastik. Setelahnya, sang anak dirawat secara intensif di University of Missisipi Medical Center. Meskipun sempat mengalami kelumpuhan dan bisu selama 12 jam, kondisi Kailyn semakin membaik dan sembuh pada keesokan harinya.

Banyak orang yang tidak menyadari jika kutu juga bisa menyebarkan racun melalui gigitannya. Dampak dari racun ini adalah tick paralysis atau kelumpuhan. Sebagai informasi, kasus tick paralysis memang masih menjadi hal yang cukup mengkhawatirkan di Amerika Serikat.

Racun dari kutu yang merupakan neurotoxin mampu memblokir kinerja dari beberapa sistem saraf dari korban gigitan. Tak hanya memicu lumpuh sementara yang bisa berlangsung sekitar 2 hingga 7 hari, racun ini juga bisa memicu kematian jika tidak ditangani dengan baik.

Tahu bahwa anak-anak lain juga bisa mengalami nasib yang sama seperti Kailyn, Jessica langsung mengunggah pengalamannya ke media sosial Facebook. Ia menyarankan setiap orang tua untuk tidak ragu melarikan anaknya ke rumah sakit jika mulai mengalami gejala seperti yang dialami Kailyn. Unggahan Jessica langsung viral di dunia maya dan dibagikan sebanyak 445 ribu kali.