Diffuse Idiopathic Skeletal Hyperostosis (DISH)

Doktersehat.com – Diffuse idiopathic skeletal hyperostosis (DISH) adalah pengapuran atau pengerasan ligamen tulang yang menempel pada daerah sekitar tulang belakang. Hal ini dapat menyebabkan kekakuan punggung bagian atas, leher dan pinggang. Beberapa orang yang mengalami DISH, pengerasan tulang dapat menyebar hingga ke tumit, pergelangan kaki, lutut, pinggul, bahu, siku dan tangan.



Nama lain dari diffuse idiopathic skeletal hyperostosis (DISH) adalah ankilosing hyperostosis dan Forestier’s disease. Penyakit ini termasuk dalam penyakit bukan inflamasi, dengan manifestasi kalsifikasi dan osifikasi pada ligamentum spinal dan daerah tendon juga daerah dimana tendon dan ligamentum yang melekat pada tulang (entheses).

Penyebab

Tidak jelas apa yang menyebabkan DISH, tetapi dokter telah mengetahui beberapa faktor risikonya, antara lain:
1. Konsumsi jangka panjang obat-obatan tertent, seperti retinoid.
2. Jenis kelamin, pria lebih mungkin mengembangkan DISH.
3. Usia, kasus DISH lebih umum terjadi pada orang dewasa yang lebih tua, terutama pada orang yang berusia di atas 50 tahun.
4. Diabetes dan kondisi kesehatan lainnya.

Gejala

Diffuse idiopatik hyperostosis rangka seringkali tidak menyebabkan gejala, meskipun dapat terjadi kekakuan dan nyeri di sepanjang ligamen. Tanda-tanda dan gejala yang Anda alami tergantung pada bagian mana dari tubuh yang terpengaruh DISH. Tanda dan gejala mungkin termasuk:
1. Kekakuan di pagi hari
2. Nyeri
3. Terbatasnya ruang gerak.
4. Kesulitan menelan atau suara serak.

Pengobatan

Meskipun tidak ada obat untuk DISH, tetapi ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengurangi rasa sakit dan kekakuan jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut.

1. Pengobatan untuk nyeri Pengobatan untuk nyeri yang disebabkan DISH mirip dengan penyakit sendi lainnya. Dokter mungkin merekomendasikan acetaminophen (Tylenol, others) atau obat anti-inflamasi (NSAIDs), seperti ibuprofen (Advil, Motrin, lainnya). Jika nyeri sangat parah dapat diobati dengan suntikan kortikosteroid.

Baca Juga:  Flek Paru-Paru Pada Anak

2. Pengobatan untuk kekakuan Terapi fisik dapat mengurangi kekakuan yang berhubungan dengan DISH. Latihan ini juga dapat meningkatkan ruang gerak pada sendi. Tanyakan kepada dokter tentang latihan khusus yang dapat Anda lakukan. Dia mungkin akan mengarahkan Anda kepada seorang ahli terapi fisik untuk panduan lebih lanjut.

3. Operasi Pembedahan mungkin diperlukan dalam kasus-kasus langka ketika DISH telah menyebar dan menyebabkan komplikasi parah. Orang-orang yang mengalami kesulitan menelan karena mengerasnya tulang di sekitar leher mungkin perlu pembedahan.

Dari berbagai sumber