Diet Yoyo Juga Bisa Memberikan Masalah Kesehatan Berikut

DokterSehat.Com – Pernah mendengar istilah diet yoyo? Diet yoyo bisa dijelaskan sebagai program penurunan berat badan yang dilakukan asal-asalan. Kadangkala, kita bisa menerapkan pola makan yang sehat atau bahkan rutin berolahraga. Namun, di waktu lain, kita cenderung makan secara sembarangan dan malas melakukan aktifitas fisik. Selain bisa membuat program penurunan berat badan menjadi tidak maksimal, diet yoyo juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Apa sajakah dampak buruk tersebut?

doktersehat-diet-buncit

Pakar gizi Jansen Ongko menyebutkan jika banyak orang yang melakukan diet ekstrim demi menurunkan berat badan, yakni dengan cara menurunkan porsi makannya secara drastis dengan harapan tubuhnya segera langsing, ternyata yang paling sering melakukan diet yoyo. Yang menjadi masalah adalah, jika kita kerap melakukan diet yoyo dengan melakukan diet ekstrim, maka berat badan justru akan semakin sulit untuk turun dan justru kita akan mengalami masalah baru berupa munculnya konstipasi.

Ongko berkata jika karena melakukan diet yoyo, maka makanan yang kita konsumsi tiba-tiba saja menurun dengan drastis dan menyebabkan sistem metabolism tubuh menurun dengan signifikan. Alhasil, proses pencernaan pun tidak lagi mampu menyerap makanan dengan efisien. Saat kita kemudian mengkonsumsi makanan dengan porsi yang normal, sistem metabolism dan sistem pencernaan sudah terlanjur menurun dan pada akhirnya berakhir dengan masalah sembelit.

Selain masalah sembelit, masalah kesehatan lain yang bisa terjadi andai kita melakukan diet yoyo adalah munculnya bau mulut. Bagaimana tidak, diet yoyo akan membuat kita mengurangi porsi makanan secara drastis namun pada akhirnya memaksa tubuh untuk memecah lemak lain pada tubuh agar membakar kalori. Alhasil, proses ini akan memproduksi keton yang akan memicu bau mulut yang sangat tidak sedap.

Baca Juga:  Penyakit Radang Tengorokan

Alih-alih melakukan diet yoyo, cobalah untuk menerapkan pola makan yang jauh lebih sehat dan rutin berolahraga sehingga berat badan pun bisa segera turun. Memang, akan membutuhkan waktu untuk menurunkan berat badan. Namun, kita tidak akan mengorbankan kesehatan tubuh kita demi menurunkan berat badan, bukan?