Diet Volumetrics, Badan Langsing Meski Tetap Kenyang

DokterSehat.com – Umumnya program diet selalu membatasi seseorang dalam urusan makanan. Hal ini justru membuat seseorang menjadi mudah lapar dan nafsu makan cenderung meningkat. Akibnya, program diet pun gagal. Bagi Anda yang menginginkan badan ramping namun perut tetap terasa kenyang, sebaiknya coba program diet volumetrics.



Diet volumetrics yang terbukti mampu menurunkan berat badan secara optimal. Diet ini berasal dari Barbara Rolls, Ph.D., seorang ahli nutrisi dan peneliti. Menurut Rolls seseorang akan merasa kenyang karena jumlah makanan yang dikonsumsi, bukan disebabkan jumlah lemak atau kalori yang masuk. Dalam menjalankan program diet ini, seseorang boleh mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang besar,asal makanannya rendah lemak.

Program diet volumetrics cocok dilakukan oleh orang yang senang makan dan tidak suka banyak aturan saat makan. Yang terpenting bila ingin menjalankan program ini harus suka mengonsumsi sayur dan buah. Bila aturan diet diikuti dengan tepat dan rutin maka berat badan bisa turun 0,5 sampai 1 kg per minggunya.

Pada prinsipnya volumetric diet mengutamakan volume atau porsi besar dalam menu makan. Tujuannya agar Anda merasa kenyang. Ada banyak jenis makanan yang rendah kalori, dan itulah yang boleh dimakan dalam jumlah banyak. Buah, sayur, sup, dan segala jenis makanan berprotein lainnya.

Selama menjalankan program ini, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan berbahan mentega dan minyak. Konsumsilah makanan yang mengandung lemak sehat yang berasal dari ikan dan kacang. Dalam program diet ini masih diperbolehkan mengonsumsi makanan berlemak, asal porsinya sangat sedikit. Perhatikan tiap makanan yang Anda konsumsi dan jenis olahraga yang dilakukan.

Volumetrics diet diibaratkan seperti memilih antara candy bar dan tiga apel sebagai camilan sehari-hari. Dimana keduanya memiliki jumlah kalori yang sama.

Namun, candy bar hanya mengisi perut sebentar, dan dua menit kemudian biasanya akan mencari makanan lagi. Namun jika makan tiga apel, satu hingga dua apel saja bisa membuat kenyang lebih lama.

Baca Juga:  Luar Biasa, Ada Masker Kecantikan Khusus Payudara dari Korea Selatan

Untuk memberi rasa kenyang dan mengurangi kalori disarankan untuk memulai makan dengan semangkuk sup. Makan sup sebelum makan siang bisa mengurangi kalori makanan sebanyak 20 persen.

Mengonsumsi salad sebelum makan juga bisa menjadi alternatif lain mengurangi kalori. Menyantap salad dalam porsi besar sebelum hidangan utama juga bisa mengurangi kalori 12 persen.