Diet Untuk Diabetes

DokterSehat.Com– Pernah dengar diet untuk orang Diabetes? Dalam pikiran Anda tentu sangat logis kalau orang dengan Diabetes tidak boleh makan atau mengkonsumsi gula, makanan yang manis manis atau makanan yang dapat menghasilkan gula dalam tubuh.

doktersehat-gula-perman-diabetes

Ini bertentangan dengan apa yang mungkin Anda pernah mendengar, tidak ada “diet diabetes,” dan ini tentunya merupakan berita bagus buat mereka yang menyandang diabetes! Makanan yang disarankan untuk penyandang diabetes untuk dapat mengontrol glukosa darah (atau gula darah) adalah sama baik bagi mereka dengan diabetes ataupun orang lain.

Ini berarti bahwa Anda dan keluarga Anda bisa makan makanan yang sama, yang sehat pada waktu makan bersama. Namun, bagi penderita diabetes, total jumlah karbohidrat yang dikonsumsi setiap hari harus dipantau secara hati-hati. Dari berbagai komponen gizi – karbohidrat, lemak, dan protein – karbohidrat memiliki pengaruh terbesar pada tingkat kenaikan gula darah. Kebanyakan orang dengan diabetes juga harus memantau konsumsi lemak total dan asupan protein juga.

Untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap pada level aman, sangatlah bijaksana bila Anda melakukan cek gula darah secara rutin pada waktu tertentu. Anda harus membuat pilihan untuk makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan minum obat dokter secara teratur. Seorang ahli diet dapat membantu memberikan pendidikan gizi yang lebih mendalam untuk Anda dan mengembangkan rancangan menu makanan pribadi yang sesuai dengan tingkat aktivitas dan gaya hidup Anda serta memenuhi kebutuhan medis Anda.

Jadi sesungguhnya diet untuk penyandang diabetes (melarang makanan tertentu atau hanya boleh makan makanan tertentu) tidak ada, yang benar adalah mengatur asupan karbohidrat, lemak dan protein dengan baik sesuai dengan aktivitasnya.