Penderita Diabetes, Boleh Diet Penurunan Berat Badan?

doktersehat-diet-diabetes

DokterSehat.Com– Salah satu hal yang mendukung kualitas kesehatan hidup penderita diabetes adalah pemilihan bahan makanan yang tepat. Lazimnya pengaturan makan penderita diabetes hanya berfokus pada kadar gula yang ada pada dietnya. Lalu, bagaimana jika penderita diabetes ingin melakukan diet penurunan berat badan?

Menurunkan berat badan memang merupakan hal yang menjadi tujuan banyak orang. Namun, pada penderita diabetes ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan diet penurunan berat badan.

Hal ini disebabkan penderita diabetes akan melakukan dua jenis diet dengan tujuan yang berbeda, yaitu diet diabetes dan diet penurunan berat badan, sehingga penerapannya haruslah dilakukan dengan cermat.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam diet penurunan berat badan penderita diabetes adalah:

1. Kondisi fisik tubuh dilihat dari nilai IMT

Meskipun tidak semua orang mengalaminya, beberapa penderita diabetes mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis pada masa awal diagnosa diabetes. Hal ini akan secara langsung memengaruhi kondisi fisik tubuh penderita.

Untuk itu sebelum memutuskan melakukan diet penurunan berat badan ada baiknya untuk mengecek berapa indeks massa tubuh penderita. Jika nilai IMT menunjukkan angka normal atau malah kurang, maka diet penurunan berat badan sama sekali tidak dianjurkan.

Lain halnya dengan penderita diabetes yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Diet penurunan berat badan justru sangat baik dilakukan karena akan mendukung kadar gula darah tubuh lebih teratur asalkan dilakukan dengan cara yang tepat.

2. Pilih jenis diet dan bahan makanan yang tepat

Diet penurunan berat badan yang tepat untuk penderita diabetes sebenarnya tidak banyak berbeda dengan diet penurunan berat badan pada orang biasa.

Namun pembatasan kalori harus dilakukan dengan tepat agar kebutuhan gizi tubuh tetap terpenuhi, serta pemilihan bahan makanan harus sesuai dengan prinsip diet diabetes yaitu rendah karbohidrat sederhana atau rendah indeks glikemik.

3. Berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi

Penderita diabetes dianjurkan berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi agar pilihan makanannya tepat. Hal ini bertujuan agar pemenuhan kebutuhan energi dan kadar gula darah tetap terkontrol dari asupan makanan yang tepat. Kedua jenis diet bisa sama-sama memberikan manfaat maksimal untuk penderita diabetes.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik