Diet Tidak Lazim Ini Justru Bisa Membahayakan Kesehatan

DokterSehat.Com – Bagi beberapa orang, berat badan yang ideal dan bentuk tubuh yang pas telah menjadi sebuah obsesi alih-alih sebagai sebuah usaha untuk menjadi lebih sehat. Memang, dengan mendapatkan tubuh dengan bentuk dan berat yang ideal, maka kita pun akan cenderung hidup dengan lebih sehat dan bugar. Sayangnya, masih banyak orang yang memakai cara yang salah dan justru terkesan menghalalkan segala cara meskipun berbahaya asalkan berat badannya bisa turun. Berikut adalah beberapa diet tak lazim yang sangat tidak disarankan untuk dilakukan.

doktersehat-wanita-obesitas-meningkat

Hal pertama yang masih banyak dilakukan oleh beberapa orang adalah meminum obat pelangsing yang beredar luas di pasaran. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika diet dengan obat pelangsing sangat tidak disarankan karena beresiko berbahaya bagi kesehatan. Alih-alih memakai obat pelangsing, ada baiknya kita rajin berolahraga dan menjaga pola makan dengan lebih sehat.

Diet tidak lazim berikutnya yang pernah ditemukan oleh beberapa orang adalah dengan memakai cacing pita yang dimasukkan ke dalam tubuh. Padahal, cacing pita ini bisa berubah menjadi parasit yang sangat berbahaya di dalam saluran pencernaan. Hal ini mengingat cacing ini menyerap kalori cukup besar sehingga tubuh pun akan kesulitan menyerap nutrisi dengan baik, mendapatkan komplikasi diet, hinga kehilangan nyawa. Jangan pernah memakai program diet ini karena lebih banyak memberikan resiko berbahaya daripada program diet lainnya yang lebih normal.

Program diet yang sangat tak lazim adalah dengan memotong lambung yang bertujuan untuk membuat kapasitas lambung mengecil. Secara logika, lambung mengecil jelas akan membuat berat badannya turun, namun, jika hal ini terjadi, maka berat badan pun bisa turun drastis sehingga menyisakan tulang dan kulit saja. Bagaimana tidak, kita hanya akan mampu menyerap nutrisi yang sangat minimum mengingat lambung kita hanya mampu menambung makanan dan minuman dengan jumlah yang sangat kecil. Dalam beberapa kasus, pemakai diet ini beresiko besar meninggal dunia hanya karena program diet tidak lazim ini.