Diet Terkontrol Membantu Membuat Tidur Lebih Nyenyak

DokterSehat.Com – Istilah diet sudah terlanjur melekat dengan program penurunan berat badan. Padahal, diet memiliki manfaat yang jauh lebih besar bagi kesehatan. Sebagai contoh, beberapa penderita penyakit tertentu akan disarankan untuk menata pola makannya dengan jauh lebih baik demi kesehatannya. Selain itu, pakar kesehatan juga berkata jika diet yang terkontrol bisa memberikan kebaikan berupa tidur yang lebih nyenyak sehingga waktu istirahatpun bisa menjadi lebih maksimal. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-tidur-wanita-ruangan-dingin-jantung

Sebuah penelitian yang dirilis oleh Journal of Clinical Sleep Medicine menyebutkan jika konsumsi makanan ternyata ikut berpengaruh pada kualitas tidur seseorang. Penelitian yang melibatkan 13 pria dan 13 wanita dewasa dengan umur 35 tahun ini membuat para partisipan tidur pada tempat khusus dengan durasi waktu yang telah ditentukan, yakni 7 jam 35 menit setiap malamnya. Uniknya, pada empat hari pertama penelitian, para partisipan akan disuruh mengkonsumsi makanan yang terkontrol dengan baik oleh pakar gizi, sementara itu, di hari terakhir, para partisipan diperbolehkan mengkonsumsi makanan yang Ia inginkan.

Hasilnya adalah, mereka yang mengkonsumsi makanan yang terkontrol oleh pakar gizi akan cenderung dua kali lebih cepat tertidur dengan nyenyak jika dibandingkan dengan saat memakan makanan yang diinginkan. Bahkan, ada beberapa partisipan saat mengkonsumsi makanan yang mereka inginkan justru mengalami susah tidur. Pakar kesehatan menyebutkan jika diet terkontrol yang bisa menyebabkan tidur menjadi lebih lemak adalah makanan yang kaya akan erat dan protein, namun memiliki lemak jenuh yang sangat rendah. Setelah mengkonsumsinya, para partisipan akan cenderung 15 menit lebih cepat tertidur jika dibandingkan saat mereka mengkonsumsi makanan yang kurang terkontrol.

Lantas, makanan apa yang dianggap lebih mudah untuk membuat tidur nyenyak? Pakar kesehatan menyarankan makanan kaya serat layaknya sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, hingga beras merah menjadi yang paling baik dikonsumsi. Sementara itu, daging, keju, dan gorengan menjadi makanan yang sangat tidak direkomendasikan jika tidak ingin mendapatkan masalah tidur.