Diet Tepat Bagi Penderita Penyakit Jantung

DokterSehat.Com – Pola makan dan manajemen diet penyakit jantung adalah hal yang sangat penting. Mengingat begitu beresikonya penyakit ini. Hal-hal yang berkaitan dengan pola makan harus benar-benar diperhatikan.



Dalam seminar yang diadakan Bunda Heart Centre dengan tema Living with Heart Disease, Medical Nutrition Advisor PT Quaker Indonesia, Dr. Elia Indrianingsih, SpGK mengatakan bahwa salah satu jenis dari diet sehat yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang rendah lemak jenuh dan lemak trans secara rutin.

Juga rendah kolesterol, kaya omega-3, serta kaya akan serat pangan termasuk serat larut beta glucan, kata Elia pada Selasa (24/2/2015).

Oat, jelas Elia, merupakan sumber terpenting dari serat larut Beta Glucen. Dari hasil penelitian yang dilakukan selama beberapa tahun telah menunjukkan bahwa mengonsumsi 3 gram Beta Glucan setiap hari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yang secara otomatis membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Serat Beta Glucan juga dapat membantu mengatur kadar gula darah. Selain oat, sumber-sumber lain dari serat larut ini adalah kacang-kacangan dan kacang polong kering, psyllium, apel, jeruk, pir, stroberi, blueberry, bijirami, mentimun, seledri, dan wortel, kata Elia.

Untuk itu Elia menganjurkan bagi siapa saja untuk kenali serat dan manfaatnya, sehingga tubuh Anda merasakan manfaat itu.

Bagi pasien dengan penyakit jantung, diet yang tepat begitu penting, ditambah dengan mengubah gaya hidup jadi lebih sehat. Guna memperlambat progretivitas penyakit jantung dan mencegah komplikasi yang fatal.