Diet Tanpa Nasi Apakah Baik Bagi Tubuh?

DokterSehat.Com – Banyak orang yang mengalami masalah berat badan yang memilih untuk menerapkan diet ketat untuk menurunkan berat badannya. Sayangnya, kebanyakan orang hanya berpikir untuk mengurangi porsi makan atau bahkan melewatkan waktu makan yang justru sebenarnya kurang efektif untuk menurunkan berat badan. Selain itu, ada orang yang sengaja tidak mengkonsumsi nasi sama sekali karena ingin menurunkan berat badan. Sebenarnya, apakah tidak masalah jika kita menghindari nasi jika sebelumnya kita sebenarnya terbiasa memakan nasi setiap hari?

doktersehat-nasi-putih

Pakar kesehatan menyebutkan jika tidak mengkonsumsi nasi sebenarnya termasuk dalam salah satu jenis yang bisa kita lakukan dan hal ini disebut sebagai diet rendah karbo. Selain nasi, banyak pelaku diet ini yang menghindari atau mengurangi secara signifikan konsumsi nasi dan berbagai sumber karbohidrat lainnya. Ahli diet dan nutrisi bernama dr. Mike Roussell, Ph.D, menyebutkan jika meskipun secara logika masuk diakal untuk menurunkan berat badan memakai cara ini. Kita harus memperhatikan banyak hal andai ingin melakukannya.

Sebagaimana nutrisi lainnya, karbohidrat sebenarnya sangat penting untuk kesehatan tubuh kita. Namun, kita sebenarnya juga bisa mengandalkan asupan lemak untuk mendapatkan sumber energy. Sebagai contoh, kita bisa mengkonsumsi beberapa jenis lemak yang berbeda, suplemen asam amino, hingga vitamin dan mineral.

Dengan menurunkan konsumsi karbohidrat hingga hanya 20 hingga 30 gram karbohidrat setiap harinya, maka otak pun akan mencari sumber lemak dalam tubuh untuk dijadikan sumber energy alternatif sehingga tanpa kita sadari, berat badan akan segera menurun. Jumlah karbohidrat tersebut hanya akan bisa didapatkan andai kita mengkonsumsi makanan layaknya jamur, bayam, dan juga asparagus. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, kita juga harus tetap berolahraga sehingga berat badan pun bisa segera turun dan kita akan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.