Diet Sehat Langsing Satu Bulan

DokterSehat.Com – Yang namanya hidup sehat, semua berawal dari pikiran yang yang sehat dan benar dan juga diet sehat. Bukanlah hasil akhir yang penting, melainkan bagaimana proses menjalaninya dalam mengubah gaya hidup Anda. Diet sehat sendiri sebenarnya merupakan sebuah manajemen dalam mengatur pola makan. Program diet sehat yang benar adalah diet sehat yang sudah menjadi gaya hidup sehari-hari, bukan untuk sementara satu bulan atau bahkan satu minggu. Hal itu akan menjadi kurang efektif jika dijalankan karena perilaku ini akan kembali ke semula pada akhirnya. Memang untuk memulai diet sehat, sebaiknya dimulai dari yang ringan dulu dan itu bisa Anda jalani asalkan dengan niat dan konsistensi yang stabil.

19

Berikut program diet sehat :

  • Bebas gula
    Gula adalah zat yang menyebabkan tubuh memproduksi hormon insulin sangat tinggi, yang dikenal sebagai insulin spike. Tubuh memproduksi insulin agar gula dapat segera dimasukkan ke dalam sel tubuh. Ibarat kunci dan gembok, maka insulin adalah kunci yang membuka gembok pintu sel agar gula dapat masuk ke dalam sel tubuh. Apabila tubuh dipaksa terus-menerus menerima gula dalam konsentrasi tinggi, maka fungsi insulin pun menjadi berkurang. Hal ini terjadi karena sel tubuh menjadi tidak atau kurang sensitif terhadap insulin. Akibatnya, kita berisiko menderita kegemukan, diabetes, penyakit jantung koroner, hipertensi, atau stroke. Makanya, jika tak ingin melepas rasa manis, gula yang disarankan adalah gula aren, karena gula aren adalah gula alami. Selama diproses dengan benar, maka gula aren adalah pilihan yang relatif sehat bagi tubuh manusia.
  • Beralih ke karbohidrat kompleks
    Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang kaya akan serat, artinya, pelepasan gula darah akan stabil. Contohnya, beras merah, roti gandum utuh, kentang (dengan kulitnya). Beras merah mengandung Vitamin B kompleks dan serat yang sangat penting untuk proses pengolahan energi dan pencernaan. Dampaknya bagi tubuh, energi kita lebih stabil seharian, lebih enerjik, produktif, dan stamina tinggi. Karbo kompleks lebih sukar disimpan sebagai lemak, untuk itu, lebih sehat, lebih langsing, dan berkhasiat mengurangi selulit. Dengan mengonsumsi karbo kompleks, mood juga menjadi lebih bagus, lebih percaya diri, dan tidak mudah bete.
  • Makan buah sebelum makan
    Camilan yang terbaik untuk tubuh adalah buah. Dalam sehari, setidaknya kita harus mengonsumsi dua macam buah, untuk dimakan tiga kali sehari.  Buah yang dijus boleh saja, dengan catatan, bukan jus kemasan. Makan buah sehari sepiring penuh, usus seperti dicuci, otomatis metabolisme tubuh juga akan naik. Kenapa harus sebelum makan? Tujuannya, simple, supaya ingat. Perut terisi lebih dahulu, jadi kalori yang masuk lebih sedikit. Vitamin dan mineral yang masuk itu akan membantu proses pengolahan sumber energi yang dimakan. Suasana tubuh menjadi lebih basa, sehingga mengurangi risiko kanker, osteoporosis, dan berbagai penyakit degeneratif lain.
  • Bebas minyak gorengan
    Kadar lemak jenuh yang dihasilkan melalui proses penggorengan akan menimbulkan peningkatan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol jahat inilah pemicu penyakit jantung, hipertensi, dan penyakit degeneratif lainnya.
  • Olahraga
    Tidak harus ke gym dan tak perlu ekstrem setiap hari, pilih olah raga  apa saja yang membuat Anda happy. Minimal, jalan kaki keliling mal sebelum membeli barang, itu pun bisa dihitung olah raga.