Diet Sehat Dengan Lentil

DokterSehat.Com – Lentil adalah tumbuhan yang dikelompokan sebagai kacang dan polong-polongan, serta merupakan bagian dari legume family. Namun, kacang-kacangan dari Timur Tengah ini tidak kalah bernutrisi dengan kedua saudaranya tersebut. Lentil (Lens culinaris) kaya akan serat, rendah lemak, dan hanya memiliki sejumlah kecil kalori sehingga cocok menjadi salah satu makanan diet untuk menurunkan berat badan.

9

Satu setengah cangkir lentil memberikan 8 gram serat yang berkontribusi terhadap asupan harian serat Anda secara signifikan. Kandungan serat yang tinggi dalam lentil tersebut dapat memberikan rasa kenyang yang lama yang umumnya diidamkan oleh orang-orang yang sedang berdiet. Sementara untuk kalorinya, satu setengah cangkir lentil masak mengandung sekitar 115 kalori, menurut USDA National Nutrient Database for Standard Reference.

Lalu, pada tahun 2005, Dietary Guidelines for Americans menyarankan untuk memasukkan lentil dalam daftar makanan diet karena selain dapat membantu menurunkan berat badan juga menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Kandungan serat dalam lentil yang merupakan jenis serat larut dapat membantu menurunkan kolesterol dan menstabilkan kadar gula darah.

Lentil juga kaya akan protein untuk membantu membangun jaringan otot. Satu setengah cangkir lentil mengandung 9 gram protein. Dengan sekitar 30% kalori dari protein tersebut, lentil memiliki tingkat protein tertinggi ketiga dibandingkan dengan kedelai dan biji rami. Protein dari lentil termasuk beberapa jenis asam amino esensial seperti isoleusin, lisin, metionin, dan sistein.

Lentil telah dikonsumsi masyarakat Timur Tengah sejak 9.500-13.000 tahun yang lalu. Lentil memiliki beberapa warna berbeda, yaitu kuning kemerah-merahan, hijau, coklat, dan hitam. Bentuk lentil sendiri mungil dan pipih, nyaris seperti biji jagung. Kini lentil banyak dibudidayakan dan dikonsumsi di India, Turki, Kanada, dan China.

Lentil memiliki rasa yang lembut dan gurih sehingga dapat dijadikan campuran berbagai hidangan, seperti sup dan salad. Di Indonesia, Anda bisa mendapatkannya di swalayan atau toko bahan makanan India dalam bentuk kering. Untuk memasak lentil, cara terbaik adalah merebusnya dalam air agar tetap rendah lemak dan kalori. Kemudian, Anda dapat mengkombinasikannya dengan daging ayam rendah lemak atau sayuran.