Diet Sehat dan Menyenangkan dengan Camilan Sehat

DokterSehat.com– Tubuh yang indah dan langsing merupakan dambaan hampir semua wanita. Sehingga banyak wanita yang tak puas dengan bentuk tubuhnya, mencoba berbagai cara untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Wanita yang merasa memiliki tubuh yang sangat kurus, menginginkan berat badannya naik, sedangkan perempuan yang mengalami overweight sangat menginginkan berat badannya turun. Diantara dua hal ini, wanita yang mengalami obesitas lebih terobsesi untuk melakukan penurunan badan dengan berbagai cara, mulai dari mengurangi jumlah makan, hingga menggunakan obat-obatan. Di antara dua cara tersebut, cara yang lebih baik dan aman adalah dengan pengaturan makan serta dibarengi dengan olahraga. Hal ini dikarenakan penggunaan obat kimia terkadang memiliki efek samping yang tidak baik bagi tubuh yang bersifat racun.

doktersehat-diet-buah-makan-sehat

Namun untuk menjalani diet dengan mengurangi beberapa jenis makanan yang memiliki potensi menambah kalori dan lemak, bukanlah hal yang mudah. Salah satunya adalah untuk mengurangi camilan. Makanan ini merupakan teman setia untuk beberapa aktivitas Anda, seperti menonton televisi, bersantai, bahkan di saat bekerja. Beberapa jenis camilan yang sering disantap seperti berbagai jenis keripik, cokelat, kue kering, hingga gorengan.

Berbagai camilan yang enak ini  tentunya harus dikurangi atau diganti jika tidak, diet Anda lakukan akan terasa sia-sia. Berikut ini ada beberapa jenis camilan sehat yang dapat Anda konsumsi ketika menjalani diet:

Pilih makanan yang memberikan rasa kenyang dan mengandung sedikit kalori, yaitu 100 kalori atau kurang dari itu. Jenis makanan ang direkomendasikan antara lain, dua sendok makan kacang atau dua cangkir jus wortel tanpa gula. Selain itu dapat dipilih jenis buah atau sayur. Makanan-makanan ini akan memberikan rasa kenyang dengan sedikit kalori.

Baca Juga:  Cara Atasi Sakit Tenggorokan

Konsumsi makanan yang kaya akan serat serta karbohidrat kompleks. Satu jenis makanan yang mengadung dua unsur tersebut adalah gandum. Pilihlah camilan yang terbuat dari gandum yang rendah lemak.

Pilih camilan jenis kacang-kacangan dan biji-bijian. Selain mengandung protein nabati, makanan ini mengandung  lemak jenuh yang sehat bagi tubuh. Makanan ini juga kaya akan kalori dan tentunya mengenyangkan, sehingga batasi jumlahnya.

Dapat dipilih  produk susu rendah lemak, yang merupakan sumber protein, kalsium, vitamin, dan mineral. Makanan ini dapat ditemukan dalam yoghurt, susu rendah lemak dan kalori, serta keju.

Poin yang terpenting dalam mengkonsumsi jenis-jenis makanan tersebut adalah jumlahnya yang tepat, jangan berlebihan. Hal ini sebenarnya dapat Anda biasakan. Sehingga saat Anda mengkonsumsi dengan porsi yang sama setiap hari, perut Anda pun akan terbiasa.