Diet Sehat Dan Aman Selama Menyusui

DokterSehat.Com – Masa menyusui tak ubahnya dengan masa kehamilan. Ada banyak perubahan pada tubuh seorang wnaita terutama terkait dengan perubahan hormonal dan kebutuhan kalori yang berbeda dari kebanyakan kebutuhan kalori manusia dewasa normal.

11

Di saat yang sama banyak wanita pasca melahirkan mengeluhkan ukuran tubuh yang melar melebihi ukurannya di masa sebelum melahirkan dan inilah sebabnya muncul konsep diet saat menyusui. Diet ini terfokus pada penurunan berat badan secara khusus namun tetap mementingkan kebutuhan nutrisi dan kalori ibu menyusui. Anda perlu ingat bahwa saat ini seorang ibu menyusui masih harus memberi makan 2 orang sekaligus dan asupan yang diterima ibu juga akan berhubungan dengasn kualias ASI.

Seperti tadi dikatakan, karena setiap pola makan yang dijalankan seorang ibu menyusui secara langsung akan berkaitan dengan kualitas dan nilai nutrisi dari ASI yang dihasilkan ibu, maka beberapa kaidah perlu diperhatikan dalam menentukan menu diet saat menyusui.

Berikut ini metode diet :

  • Atur porsi makan
    Mengatur porsi makan dalam diet kali ini bukan berarti anda harus mengurangi jumlah porsi makan anda setiap harinya. Anda dianjurkan untuk sering makan namun dalam porsi yang kecil. Sebaliknya hindari jarang makan dengan porsi yang besar, sebab hal ini akan membuat metabolisme tubuh menjadi berantakan. Anda bisa menyantap makan hingga 6 kali dalam sehari, namun dalam porsi yang kecil. Dengan aturan seperti makan utama 3 kali serta makan camilan 3 kali. Dengan demikian kebutuhan nutrisi dan gizi akan dapat terpenuhi dan bobot tubuh anda dapat berangsur membaik.
  • Cukupi kebutuhan nutrisi
    Poin selanjutnya dalam menjalankan metode diet sehat dan aman untuk ibu menyusui yakni dengan mencukupi kebutuhan nutrisi. Dalam hal ini nutrisi seperti karbohidrat kompleks, protein rendah lemak, usu no fat, sayur, buah serta konsumsi air putih haruslah dicukupi. Adapun beberapa daftar makanan yang baik anda konsumsi dengan kandungan nutrisi yang baik diantaranya ikan, telur, kacang-kacangan, tempe, tahu, susu low fat dan daging ayam.
  • Hindari mengkonsumsi makanan cepat saji
    Mengkonsumsi makanan cepat saji tentu bukan pilihan yang bijak dijadikan sebagai menu santapan sehari-hari, sebab makanan ini memiliki kandungan lemak jenuh yang begitu tinggi. Untuk itu, sebisa mungkin hindari mengkonsumsi makanan cepat saji dan beralihlah pada makanan yang lebih sehat yang dibuat sendiri di rumah.
  • Program ASI hingga anak berusia 2 tahun
    Jika ASI anda lancar dan tidak bermasalah, maka tidak ada salahnya memberikan ASI hingga si anak berusia 2 tahun. Sebab hal ini merupakan solusi yang baik untuk menurunan berat badan tanpa efek samping. Hal ini dikarenakan ketika menyusui, produksi hormon anda akan meningkat dan produksi ini mampu membakar kalori dalam tubuh bahkan hingga mencapai 500 kkal per harinya. Yang mana jumlah kalori ini sama dengan ketika anda bersepeda selama satu jam. Dengan demikian, program pemberian ASI hingga anak berusia dua tahun akan menjadi alternatif diet yang cukup baik.
Baca Juga:  Jangan Stres Saat Hamil, Anak Bisa Rewel

Demikian beberapa tips menjalani diet sehat dan aman selama masa menyusui. Dengan mengetahui beberapa tips diatas, kini impian memiliki tubuh yang kembali seperti semula akan dapat anda wujudkan tanpa mengganggu kebutuhan nutrisi yang diperlukan si kecil.