Diet Rendah Karbohidrat Sangatlah Cocok Dilakukan Setelah Olahraga

DokterSehat.Com – Banyak orang yang sengaja melakukan olahraga karena memiliki tujuan untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan bentuk tubuh yang jauh ideal. Olahraga sendiri memang bisa menjadi pemicu pembakaran lemak dalam tubuh yang sangat efektif. Selain melakukan olahraga secara rutin, untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal juga membutuhkan pola makan yang sehat. Pakar kesehatan menyebutkan jika selain mengatur pola makan besar dan camilan, memilih makanan yang rendah karbohidrat setelah olahraga dipercaya bisa mempengaruhi pengendalian berat badan.

doktersehat-olahraga-lari-jogging

Diet rendah karbohidrat akan sangat cocok dilakukan setelah melakukan olahraga yang cukup menguras keringat layaknya aerobik mengingat sensitifitas insulin pun bisa ditingkatkan. Kondisi ini ternyata bisa membaut tubuh melakukan penyerapan gula dengan lebih baik dari peredaran darah yang kemudian bisa dijadikan sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa tubuh bisa mengambil keuntungan besar sesaat setelah berolahraga, dimana jika kita pandai-pandai memilih apa yang kita konsumsi, tubuh bisa mendapatkan peningkatan metabolisme yang tentu akan berpengaruh pada pengendalian berat badan yang jauh lebih baik. Pakar kesehatan Jeffrey F. Horowitz dari University of Michigan menuturkan bahwa efek yang didapatkan dari mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat dan makanan dengan gizi seimbang atau mengandung banyak karbohidrat ternyata bisa berpengaruh besar pada kondisi kesehatan tubuh. Mereka yang mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang setelah melakukan olahraga akan mengalami peningkatan insulin, namun peningkatan ini akan jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat.

Pakar kesehatan menyebutkan jika kita tidak boleh kalap setelah melakukan olahraga. Banyak orang yang merasa lapar persis setelah selesai berolahraga dan pada akhirnya memakan makanan apa saja yang mengenyangkan. Hal ini ternyata bisa memberikan pengaruh besar pada pengendalian berat badan.