Tips Diet Musim Kemarau Cegah Kanker Kulit yang Mematikan!

doktersehat-khasiat-bulgur-untuk-kulit
Photo Credit: Pexels.com/Min An

DokterSehat.Com– Jika Anda adalah seseorang yang suka mengenakan pakaian musim panas yang mengekspos banyak kulit Anda pada siang hari, terutama di musim kemarau, coba Anda pikirkan lagi!

Karena sinar matahari yang keras bisa menembus ke atmosfer bumi selama musim kemarau dapat membawa sejumlah penyakit, termasuk kanker kulit.

Dapat dimengerti bahwa selama musim kemarau, terutama di negara-negara tropis seperti Indonesia di mana cuaca bisa sangat panas dan lembab, orang ingin memakai celana pendek, rok dan sandal jepit, untuk menghindari kegerahan.

Namun, seperti melansir Boldsky, radiasi ultraviolet (UV) dari matahari lebih buruk selama musim kemarau yang keras dan yang terbaik untuk menutupi kulit Anda sebanyak mungkin, ketika Anda keluar rumah, untuk mencegah kulit terbakar matahari, stroke dan bahkan kanker kulit.

Kanker kulit adalah jenis kanker yang mempengaruhi sel-sel kulit, ketika pertumbuhan kanker abnormal terjadi pada sel-sel tersebut.

Kanker kulit dapat berakibat fatal, terutama bila tidak dikenali dan diobati pada saat yang tepat, dan bahkan tingkat kambuhnya untuk jenis kanker ini sangat tinggi.

Studi penelitian selama bertahun-tahun telah menemukan bahwa paparan sinar matahari dan radiasi UV adalah beberapa penyebab utama untuk perkembangan kanker kulit pada manusia.

Berikut beberapa tips diet yang dapat membantu mencegah kanker kulit selama musim kemarau.

1. Sarapan oat

Sebagian besar dari kita sudah tahu bahwa sarapan adalah makanan paling penting di pagi hari, yang tidak boleh dilewati. Melewatkan sarapan atau makan sarapan tidak sehat seperti muffin, bagel, sereal, samosa, manisan, dan lainnya, hanya dapat lebih merusak kesehatan Anda, karena makanan ini mengandung banyak gula dan minyak yang tidak baik untuk sel-sel kulit. Mengonsumsi makanan sehat seperti oat dapat mencegah pembentukan sel-sel kanker, terutama di bawah kulit.

2. Konsumsi yoghurt

Berulang kali, para ahli menyarankan kita untuk mengonsumsi yoghurt secara teratur. Yoghurt harus menjadi bagian penting dari diet Anda, terutama selama musim panas. Yoghurt memiliki kemampuan untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di bagian-bagian tertentu dari tubuh Anda. Studi penelitian telah menyatakan bahwa bakteri baik dalam tubuh kita memiliki kemampuan untuk melawan agen yang menyebabkan kanker kulit.

3. Minum kopi

Sejak beberapa dekade, pro dan kontra kopi berkenaan dengan kesehatan telah diperdebatkan. Namun, telah ditetapkan bahwa mengonsumsi hanya satu atau dua cangkir kopi dalam sehari tidak berbahaya bagi kesehatan. Ada kabar yang lebih baik – penelitian telah menemukan bahwa, selain membuat Anda merasa bersemangat, kopi juga dapat mencegah kanker kulit, karena mengandung sejumlah besar antioksidan yang dapat mencegah kerusakan radikal bebas yang dilakukan pada kulit oleh sinar matahari dan radiasi UV.

4. Konsumsi sayuran hijau

Sejak masa kanak-kanak, kita diberitahu untuk makan lebih banyak sayuran hijau, seperti bayam, daun mint, asparagus, dann sayuran hijau lainnya, karena sayuran hijau sangat kaya nutrisi dan memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Selain itu, menjadikan sayuran hijau sebagai bagian utama dari diet Anda selama musim panas juga dapat membantu mengurangi risiko kanker kulit, karena vitamin A dan C dalam sayuran hijau memiliki kemampuan untuk mencegah kerusakan yang dilakukan pada sel-sel kulit oleh matahari.

5. Mengonsumsi tomat

Meminum segelas jus tomat segar bisa melepaskan dahaga di musim kemarau! Atau, Anda juga dapat menambahkan tomat ke salad Anda setiap hari. Selain manfaat kesehatan lainnya seperti meningkatkan kekebalan tubuh, mengobati gangguan pencernaan, dan lainnya, tomat juga memiliki kemampuan untuk mencegah kanker kulit. Senyawa yang dikenal sebagai likopen dan fitokimia hadir dalam tomat dapat membantu mencegah radiasi UV dari matahari agar tidak terserap ke dalam kulit, sehingga mencegah kanker kulit.

6. Kacang

Sebagian besar dari kita sudah tahu fakta bahwa kacang, seperti kacang almond, kacang mete, pistachio, dan kacang lainnya, sangat bergizi, karena mengandung vitamin, protein, mineral dan asam lemak omega-3. Jadi, secara alami, kacang akan memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Kacang-kacangan juga dapat membantu mencegah kanker kulit, karena kandungan vitamin E yang ada dalam kacang bertindak sebagai penghalang pelindung antara sel-sel kulit dan sinar UV dari matahari, sehingga mencegah kerusakan.

7. Minum teh hijau

Banyak orang saat ini telah menggantikan kopi dan teh biasa, dengan teh hijau, karena teh hijau dikenal memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. Kandungan antioksidan dalam teh hijau tidak hanya membantu mengurangi stres dan membantu penurunan berat badan, tetapi juga dapat membantu mencegah kerusakan radikal bebas yang dilakukan pada kulit oleh sinar UV matahari, sehingga mencegah kanker kulit.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik