Diet Ekstrim Bisa Picu Serangan Jantung

Doktersehat.com – Beberapa orang rela mengurangi asupan makanan bahkan tidak makan sama sekali demi mendapatkan tubuh yang langsing. Padahal diet ekstrim seperti itu malah akan menimbulkan masalah kesehatan baik fisik maupun mental seperti menurunnya kemampuan tubuh, kekurangan nutrisi, mudah lelah, depresi, bahkan nafsu makan malah makin meningkat.



Diet yang tidak sehat akan menimbulkan masalah baru bagi kesehatan. Berikut akibat yang ditimbulkan bila melakukan diet ekstrim:

Serangan Jantung

Melakukan diet secara ekstrim memang dapat menurunkan bobot tubuh dengan cepat. Namun, kebiasaan ini malah akan mengakibatkan serangan jantung.

Mudah Terserang Penyakit

Saat menjalani diet yang tidak sehat, daya tahan tubuh akan mengalami penurunan. Hal ini dikarenakan asupan gizi untuk tubuh tidak terpenuhi sehingga mengganggu kinerja sel-sel tubuh dan sistem daya tahan tubuh pun menjadi terganggu. Akibatnya, tubuh menjadi mudah terserang penyakit.

Gangguan Mental

Diet yang salah juga dapat mengakibatkan depresi yang disebabkan berat badan yang belum turun juga. Gangguan ini kerap dibarengi dengan rasa lelah, lesu, mudah tersinggung, kurang percaya diri, kurang konsentrasi, dan perubahan mood.

Anemia

Pada wanita yang menjalani diet ekstrim biasanya akan kekurangan asupan gizi seperti zat besi. Akibatnya, akan timbul masalah anemia. Padahal wanita mengalami siklus mentruasi tiap bulannya yang membutuhkan lebih banyak zat besi.

Bulimia dan Anoreksia

Orang yang menjalankan diet tidak sehat berisiko terkena bulimia dan anoreksia. Parahnya, penyakit ini bisa menyebabkan kematian pada beberapa orang.

Jika ingin mendapatkan tubuh yang langsing, sebaiknya lakukan diet yang lebih sehat. Jangan sampai niat untuk melangsingkan badan malah menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari.

Sumber: vemale.com