Diet Diabetes Sehat Dengan Konsumsi 5 Buah Ini

DokterSehat.Com – Cara dan tips diet sehat untuk penderita diabetes yang memang harus berhati-hati dalam mengkonsumsi jenis makanan, diet untuk penderita diabetes dilakukan agar kadar gula sederhana (glukosa) dalam darah tidak naik. Karena dalam tubuh penderita diabetes mengalami kelainan dalam insulinya, dimana tubuh kekurangan insulin atau insulin ada dalam jumlah cukup tetapi tidak memberikan respon secara benar terhadap keberadaan kadar gula dalam tubuh. Insulin sendiri dihasilkan dalam organ pankreas, dan berfungsi sebagai pengontrol kadar gula dalam tubuh seseorang agar dalam jumlah yang cukup pada batas normal.



Pada seorang wanita yang sedang dalam kehamilan, juga lebih beresiko menderita penyakit diabetes (diabetes gestasional). Memilih menu makanan diet sehat terutama untuk penderita diabetes sangat penting, karena salah makan jenis tertentu akan bisa dengan segera menaikkan kadar gula dalam tubuh penderita diabetes.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa untuk mengontrol kadar gula agar tidak menjadi terlalu tinggi, dan salah satu pilihan makanan sehat untuk diabetes ini adalah dengan buah. Pada beberapa jenis buah dipercaya bisa membantu mengontrol kadar gula dalam tubuh dan juga buah dikenal banyak mengandung vitamin serta protein selain memang akan baik bagi kesehatan seseorang secara umum.

berikut ini beberapa jenis makanan diet sehat untuk penderita diabetes :

  • Jambu biji
    Buah jambu biji adalah salah satu buah yang tidak memiliki rasa manis berlebihan (low GI) seperti mangga atau kelengkeng. Jika Anda memasukkan jambu biji dalam menu diet Anda, buah ini mampu melancarkan pencernaan dan menghindarkan konstipasi karena seratnya yang sangat baik. Bukan hanya itu, jambu biji juga kaya vitamin A dan C yang akan meningkatkan kekebalan tubuh dari infeksi penyakit.
  • Pepaya
    Selain kaya vitamin dan mineral, juga merupakan buah yang kaya serat halus untuk melancarkan pencernaan. Ini adalah salah satu buah super yang manis namun baik untuk Anda yang diabetes. Vitamin A dan C serta berbagai kandungan sehatnya mampu menurunkan kolesterol yang mengancam penderita diabetes.
  • Belimbing
    Buah dengan 5 sisi dan mirip dengan gambaran bintang ini juga salah satu yang sangat baik untuk diet diabetes. Ini karena buah belimbing dapat menurunkan kadar gula darah dan mengurangi kolesterol dan tekanan darah tinggi. Dengan rasanya yang manis dan asam, buah belimbing sangat segar dimakan saat cuaca panas. Jadi, minum jus belimbing satu gelas per hari ya untuk menurunkan kadar gula darah tinggi.
  • Pir
    Buah kaya air ini juga sangat baik untuk penderita diabetes karena vitamin dan seratnya yang banyak, juga tidak terlalu manis. Terkadang buah pir juga memiliki sedikit rasa asam yang segar. Buah ini sangat cocok dimakan jika Anda termasuk orang yang tidak terlalu suka minum air putih.
  • Nangka
    Buah nangka juga memiliki serat tinggi dengan kandungan vitamin dan mineral yang banyak dibutuhkan tubuh. Anda bisa makan nangka karena rasa manisnya yang tidak terlalu mencolok. Namun perlu dibatasi juga konsumsinya jika Anda sedang hamil.
Baca Juga:  Pengobatan Alternatif Penyakit Anemia

Nah, itu tadi beberapa buah yang cocok untuk Anda yang diabetes. Anda juga bisa makan apel, jeruk, dan nanas karena juga sangat baik untuk diabetes.