Diet Dengan Hanya Makan Sekali Dalam Sehari Bisa Memicu Masalah Kesehatan

DokterSehat.Com – Banyak orang yang mengalami masalah kelebihan berat badan akhirnya memutuskan untuk melakukan program diet agar bisa segera mendapatkan berat badan yang ideal. Sayangnya, banyak dari kita yang tidak memahami tips diet sehat dan aman sehingga justru memilih diet yang ekstrim atau berbahaya. Sebagai contoh, cukup banyak orang yang memilih untuk hanya mengkonsumsi makanan sekali dalam sehari. Tujuannya? Tentu saja agar mereka bisa segera menurunkan berat badan. Sebenarnya, apakah diet dengan cara seperti ini bisa memicu berbagai masalah kesehatan?

doktersehat-diet-buncit-perut-rata

Pakar kesehatan dr. Andi Kurniawan, SpKO, yang berasal dari Indonesia Sport Medicine Center, berkata jika makanan adalah sumber energi sekaligus sumber nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Andai kita melewatkan satu sesi makan saja, maka besar kemungkinan kita akan kehilangan sumber energi sehingga akan membuat kita menjadi lebih lemas, mudah lelah, atau bahkan kesulitan untuk berkonsentrasi dan mendapatkan ide saat bekerja.

Selain bisa membuat kita menjadi mudah lemas, melewatkan salah satu waktu makan ternyata bukan ide yang baik andai kita ingin menurunkan berat badan. Melewatkan waktu makan ternyata berimbas pada munculnya rasa lapar yang sangat luar biasa pada waktu makan lainnya. Alhasil, kita justru akan mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang sangat berlebhan. Selain itu, andai kita hanya makan sekali dalam sehari, maka tubuh justru akan memproduksi hormon kortisol setiap tiga jam dalam jumlah yang banyak yang justru akan memicu penumpukan lemak pada perut kita.

Dr. Andi sangat menyarankan kita untuk tetap makan tiga kali sehari dan mengkonsumsi camilan di sela-sela waktu tersebut. Namun, andai kita ingin menurunkan berat badan, kita tentu harus lebih baik dalam mempertimbangkan nilai gizi dan nutrisi setiap kali makan dan memastikan camilan yang dimakan adalah camilan sehat layaknya buah-buahan. Dengan menerapkan pola makan yang sehat ini, maka kita pun bisa secara efektif menurunkan berat badan.