Diet Bisa Bikin Bodoh?!?

DokterSehat.com – Anda pernah menjalani diet? Apakah Anda merasa jadi susah berpikir atau telat mikir semenjak menjalani program diet? Jika iya, maka hal tersebut memang benar salah satu efek dari diet yang Anda jalani. Pada saat Anda dilarang mengkonsumsi jenis makanan tertentu, tidak hanya tubuh Anda yang menderita, tetapi sisi psikologis Anda juga turut menderita.



Apakah kegiatan diet memang dapat memicu kebodohan? Boleh jadi memang demikian, itulah yang diteliti oleh salah seorang ilmuwan dari Harvard University. Para ilmuwan mendapati temuan bahwa diet dapat mempengaruhi kapasitas otak serta cukup berpotensi membuat seseorang sulit untuk berpikir.

Merasa Tertekan Selama Diet

Pada saat seseorang menahan dirin untuk tidak mengkonsumsi jenis makanan tertentu, secara alami tubuh Anda akan menolak dan hal tersebut membuat Anda terus memikirkan mengenai makanan yang harus Anda hindari tersebut. Akibatnya, meskipun berat badan mengalami penurunan, seseorang justru sering merasa frustasi dan pada akhirnya akan kembali lagi pada pola makan seperti sebelum menjalankan program diet.

Saat seseorang hanya berkonsentrasi pada kandungan kalori makanan dan menjadi merasa ‘berdosa’ setelah ‘tanpa sadar’ mencicipi cake cokelat pada masa diet, maka dalam benaknya timbul pertanyaan “Apa yang harus saya lakukan karena baru saja menyantap cokelat?”. Hal tersebutlah yang menjadikan pikiran menjadi menderita dan tidak tenang.

Akibatnya, diet jenis seperti ini akan memicu seseorang menjadi tidak fokus, sulit berpikir, serta merasa tidak aman. Oleh sebab itu, sebelum menjalani diet, diperlukan adanya motivasi. Pikirkan apa yang menjadi motivasi Anda pada saat menjalani diet? Apakah supaya dress lama Anda dapat kembali dikenakan, atau supaya menjadi lebih sehat atau apa? Semakin kuat motivasi Anda, maka semakin besar kemungkinan Anda untuk dapat menjalani diet dengan menyenangkan dan tanpa beban.