Diet Atau Olahraga yang Lebih Baik Bagi Kesehatan Jantung Kita?

DokterSehat.Com– Sebuah penelitan yang hasilnya dipublikasikan dalam American College of Cardilogy’s 65th Annual Scientific Session mengemukakan sebuah fakta memprihatinkan dimana usia rata-rata para penderita penyakit jantung kini semakin muda. Hal ini berarti, kita harus lebih baik dalam menerapkan gaya hidup sehat agar kesehatan jantung tetap terjaga. Hanya saja, mana kegiatan yang lebih baik bagi kesehatan jantung, apakah diet atau justru melakukan olahraga?

doktersehat-sehat-makanan-oatmeal-jantung-aple-stetoskop-serat

Pakar kesehatan dari Saint Louis University menyebutkan bahwa baik diet atau olahraga ternyata sama-sama baik bagi kesehatan jantung kita, asalkan, kedua hal ini bisa membuat kita menurunkan atau menjaga berat badan sehingga tetap dalam kondisi ideal. Sebagai informasi, salah satu syarat untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan menjaga berat badan yang ideal.

Dalam penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal American Journal of Clinical Nutrition in, terdapat tiga kelompok partisipan yang berusia 35 hingga 55 tahun, dimana satu kelompok diminta untuk menurunkan asupan kalori hingga 20 persen, kelompok lain diminta untuk meningkatkan olahraganya hingga 20 persen, dan kelompok ketiga yang diminta untuk berolahraga 10 persen lebih banyak sembari menurunkan asupan kalori 10 persen. Hasilnya adalah, ketiga kelompok ini mengalami penurunan tekanan darah, kadar kolesterol jahat, hingga berat badan dengan efektif. Selain itu, denyut jantung para partisipan juga cenderung meningkat.

Menurut pakar kesehatan, dengan menurunkan berat badan hingga 7 persen dari berat badan semula, maka resiko terkena penyakit jantung bisa menurun hingga 22 persen. Hal ini diyakini terjadi karena tubuh akan merespon adanya peradangan dan berusaha untuk memperbaikinya. Adanya proses perbaikan ini ternyata bisa membuat proses pengiriman darah, oksigen, dan berbaga nutrisi yang menuju ke jantung bisa menjadi semakin lancar.

Baca Juga:  Bergabung Dengan Klub Kebugaran Ternyata Lebih Baik Dibandingkan Dengan Berolahraga Sendiri

Alih-alih memilih antara diet atau berolahraga untuk menjaga kesehatan jantung, pakar kesehatan Edward Weiss, Ph.D menyarankan kita untuk melakukan keduanya agar tidak mudah terkena penyakit mematikan ini.