Diet Akan Lebih Efektif Jika Melakukan Hal Berikut di Malam Hari

DokterSehat.Com – Setiap orang tentu akan mengharapkan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal. Bukan hanya karena alasan mendapatkan tampilan yang jauh lebih baik, berat badan yang ideal juga bisa membuat resiko mendapatkan berbagai penyakit berbahaya bisa menurun drastis. Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, kita bisa melakukan program diet dan melakukan beberapa hal ini saat malam hari.

doktersehat-olahraga-lari-jogging

Hal pertama yang bisa kita lakukan untuk membuat diet menjadi lebih efektif adalah dengan menentukan menu makanan dengan kadar nutrisi yang ideal. Selain mengkonsumsi beberapa makanan dari sayuran hijau atau buah-buahan dimana sayur sebaiknya dikukus saja dan mengkonsumsi beberapa jenis makanan berprotein yang tidak memiliki kandungan lemak, kita juga harus pandai-pandai menata asupan garam dalam makanan kita. Pakar gizi Keri Gans menyebutkan jika waktu makan malam adalah waktu yang paling tepat untuk konsumsi makanan dengan kadar garam nan rendah agar program diet kita bisa berlangsung dengan baik.

Selain menata pola makanan, kita juga harus memperbanyak asupan air minum di malam hari. Dengan banyak minum air putih, kita akan cenderung menekan keinginan untuk mengkonsumsi camilan yang bisa memicu tubuh kegemukan. Selain itu, tubuh yang terhidrasi juga berpotensi membuat proses pembuangan racun menjadi lebih baik. Hanya saja, ada baiknya konsumsi air putih tidak berlebihan setidaknya satu jam sebelum tidur karena bisa memicu keinginan berlebihan ke kamar mandi dan mengganggu waktu tidur.

Olahraga sangat identik dengan waktu pagi atau sore hari. Namun, jika kita melakukan program diet dan cenderung susah melakukan olahraga di waktu-waktu tersebut, maka olahraga di malam hari bisa menjadi solusi yang menarik. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Sleep Foundation pada tahun 2013 menunjukkan fakta dimana olahraga di malam hari bisa membuat tubuh membakar kalori dengan baik sekaligus membuat tidur lebih nyenyak 56-57 persen. Dengan tidur yang nyenyak, tubuh pun akan menjadi jauh lebih sehat.