Diet Air, Cara Paling Sederhana Bersihkan Pencernaan Dan Turunkan Berat Badan

DokterSehat.Com – Diet merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk mendapatkan berat tubuh yang ideal atau proporsional. Selain dapat menambah rasa percaya diri karena memiliki berat tubuh yang ideal, diet juga dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dari berbagai macam penyakit seperti kolesterol tinggi sampai dengan hipertensi. Karena dengan memiliki tubuh dengan berat badan ideal maka kemungkinan untuk terserang penyakit penyakit tersebut semakin kecil.



Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk diet. Pada umumnya adalah dengan mengurangi asupan kalori seperti nasi, roti, dll dan menggantinya dengan menggunakan makanan yang rendak kalori dan lemak seperti buah buahan dan sayur sayuran. Namun cara tersebut kadang membuat seseorang yang menjalankan program diet menjadi tidak tahan, karena hasrat mereka untuk makan makanan yang enak masih tinggi. Akibatnya program diet menjadi gagal.

Nah, tapi tahukan anda bahwa program diet dapat dilakukan tidak hanya dengan cara mengurangi asupan kalori dan lemak dalam tubuh. Tetapi bisa juga dilakukan dengan cara-cara yang sederhana dan lebih mudah. Ya, dengan minum air putih. Loh ko bisa? Ya, anda dapat membentuk tubuh dan berat badan yang proporsional hanya dengan mengonsumsi air putih.

Diet air, atau disebut juga dengan clear liquid diet ini, merupakan salah satu cara diet dengan minum air dengan tanpa mengikutsertakan zat padat di dalamnya. Jadi diet ini tidak sama dengan diet jus dan lain sebagainya. Tujuannya adalah untuk membersihkan sistem pencernaan. Itulah mengapa dokter menganjurkan melakukan diet ini sebelum prosedur operasi.

Namun perlu diketahui pula bahwa meski diet ini sangat simple dan tidak banyak aturan, namun tantangannya cukup berat, karena Anda tidak boleh makan makanan padat selama diet berlangsung dan diet tidak bisa dilakukan dalam waktu lama.

Baca Juga:  Waspadai Gejala Bulosa Pemfigoid

Diet air ini membantu mengatur kembali metabolisme dalam tubuh dengan cara mencegah dehidrasi, dan menjaga kebutuhan elektrolit tubuh. Beberapa minuman yang diperbolehkan dalam diet ini adalah :

  • Air minum (air putih, air kelapa, minuman kemasan tanpa ampas)
  • Jus yang sudah disaring ampasnya atau diambil sari buah saja
  • Infused water, atau air putih yang ditambahkan potongan buah dan didiamkan selama beberapa jam (tanpa memakan buahnya)
  • Agar-agar atau air gelatin
  • Teh dan kopi (tanpa gula, susu dan krim)
  • Minuman elektrolit
  • Madu

Selain yang disebutkan di atas, Anda tidak diperbolehkan minum atau makan apa pun, termasuk tidak bisa minum susu, smoothies atau sirup.

Jadi, tertarik mencobanya? Namun sebelum itu tanyakan dulu ke dokter, apakah tubuh Anda cukup sehat dan mampu melakukannya atau tidak ya Ladies.