Diduga Karena Tidak Pernah Dibersihkan, Toilet Umum di Tiongkok Meledak

DokterSehat.Com – Sebuah kasus yang luar biasa terjadi di Tiongkok sesaat setelah perayaan pergantian tahun. Diduga akibat tidak pernah dikuras, sebuah toilet umum yang ada di kota Yulin meledak. Tak hanya membuat area sekitarnya kotor, ledakan toilet umum ini menewaskan satu orang dan membuat tujuh orang lainnya harus dilarikan ke rumah sakit. Apa yang sebenarnya terjadi?

doktersehat-toilet-meledak

Toilet umum ini diyakini tidak pernah dikuras sebelumnya dan toilet ini digunakan lebih sering dari sebelumnya oleh orang-orang yang sedang merayakan malam pergantian tahun. Karena kotoran terus-menerus menumpuk di septic tank, maka terjadi penumpukan berbagai gas layaknya ammonia, metana, dan hydrogen sulfide. Karena tekanan yang tinggi di septic tank ini, maka ledakan besar pun akhirnya muncul. Dilansir dari situs Weibo, terlihat jelas bahwa area toilet yang meledak ini mirip layaknya lokasi ledakan bom. Tak hanya melukai banyak orang, ada satu mobil yang juga ikut rusak parah akibat ledakan ini.

Pakar kesehatan menyebutkan jika idealnya septic tank harus dikuras sekali dalam dua tahun. Andai septic tank ini tak dikuras sama sekali, maka dikhawatirkan terjadi penumpukan kotoran yang bisa menyebabkan ledakan. Selain itu, andai septic tank tidak pernah dibersihkan, maka dikhawatirkan septic tank ini bocor dan pada akhirnya mengeluarkan semua kotoran yang tentu akan mencemari sumur-sumur sumber air. Andai kotoran ini merembes ke saluran air, dikhawatirkan kotoran ini juga akan mencemari sungai-sungai. Padahal, andai kita mengkonsumsi air yang sudah tercemar oleh bakteri E Coli, kuman, dan virus-virus lainnya ini, dikhawatirkan kita bisa mengalami berbagai masalah kesehatan layaknya diare.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita rutin menguras toilet agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan layaknya kebocoran atau bahkan ledakan seperti yang terjadi di Tiongkok.