Dibalik Asamnya Jeruk Nipis, Ada Kebaikan Yang Ditawarkan Pada Kesehatan Tubuh

DokterSehat.Com – Jeruk nipis kerap kali dijadikan bahan makanan, khususnya pada makanan yang segar layaknya soto. Selain itu, jeruk nipis juga bisa dijadikan bahan minuman yang segar, meskipun memiliki rasa yang cenderung asam. Namun, tahukah anda, jeruk nipis ternyata memiliki banyak khasiat kesehatan bagi tubuh. Apa sajakah manfaat-manfaat tersebut?

doktersehat-teh-rosemary-peppermint-daya-ingat-serai-jahe-masuk-angin-cedera-otot

Pakar kesehatan ternyata menyebutkan jika jeruk nipis memiliki khasiat kesehatan yang sangat baik bagi organ pencernaan kita. Di dalam jeruk nipis, kita bisa menemukan senyawa yang disebut sebagai flavonoid. Flavonoid sendiri mampu membuat sistem pencernaan meningkatkan sekresi pada cairan empedi, cairan pencernaan, dan berbagai macam asam sehingga proses pencernaan akan berjalan dengan lebih lancar dan maksimal. Selain itu kandungan flavonoid ini bisa membuat gerak peristaltik menjadi lebih baik saat kita menelan makanan di kerongkongan.

Dengan mengkonsumsi jeruk nipis, kita ternyata akan sangat baik dalam mengendalikan penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan jeruk nipis memiliki kadar serat larut yang akan membuat penyerapan tubuh menjadi gula ke dalam aliran darah menjadi lebih teratur. Jeruk nipis ternyata juga memiliki indeks glikemik yang cenderung masih sangat rendah sehingga jika kita rutin mengkonsumsinya, kita tidak akan mengalami lonjakan kadar glukosa dengan cepat.

Konsumsi jeruk nipis ternyata juga bisa membuat kita mencegah beberapa jenis penyakit berbahaya. Diketahui, konsumsi jeruk nipis yang kaya akan serat larut ini akan membuat kadar gulad alam darah tetap seimbang dan menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh. Hasilnya adalah, kita menurunkan resiko peradangan pada pembuluh darah yang berarti beberapa penyakit jantung dan kardiovaskular layaknya stroke pun menurun. Selain itu, penyakit arthritis yang disebabkan oleh banyaknya asam urat juga bisa dicegah mengingat jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang mempu melarutkan asam urat agar bisa ikut keluar melalui urine.