Diare Yang Disebabkan Oleh Makanan Pedas Harus Diwaspadai

DokterSehat.Com – Diare adalah salah satu gangguan kesehatan yang bisa memberikan rasa sangat tidak nyaman bagi tubuh. Tidak hanya membuat buang air besar menjadi lebih encer, diare juga bisa membuat perut terasa sakit dan melilit sepanjang waktu. Seringkali diare disebabkan oleh konsumsi makanan yang kurang sehat atau kotor. Namun, dalam beberapa kasus, diare juga bisa disebabkan karena kita mengkonsumsi makanan dengan rasa ekstra pedas. Pakar kesehatan sendiri meminta kita untuk mewaspadai diare yang disebabkan oleh makanan pedas ini. Mengapa hal ini bisa terjadi?

doktersehat-ambeien-wasir-hemoroid-hematuria

Pedas adalah sebuah rasa yang disukai oleh sebagian besar masyarakat tanah air. Bahkan, banyak orang yang merasa makanan akan terasa kuarng mantap jika tidak ada sensasi pedas sama sekali. Yang menjadi masalah adalah, pedas bisa memberikan sensasi panas pada bibir dan mulut, memicu heartburn pada kerongkongan, hingga diare bagi mereka yang memiliki sistem pencernaan yang cenderung sensitif. Makanan pedas sendiri biasanya memiliki kandungan capsaicin yang tinggi, sebuah kandungan yang bisa memicu iritasi pada usus. Yang menjadi masalah adalah, sensasi panas dari capsaicin ini ternyata juga bisa menyebabkan iritiasi pada anus yang bisa kita rasakan pada sensasi panas dan terbakar saat buang air besar.

Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika ada kasus dimana mereka yang mengkonsumsi makanan pedas bisa menderita diare dalam waktu yang cukup lama dan disebut sebagai penyakit IBS atau Irritable Bowel Syndrome. Selain diare, penderita penyakit ini juga bisa mengalami rasa sakit atau sensasi kembung dalam waktu lama. Untuk meredakan penyakit ini, ada baiknya kita mencoba menghindari makanan yang pedas, kaya kandungan lemak, kaya kandungan susu, atau bahkan kaya kandungan kafein, untuk sementara waktu.

Baca Juga:  Pepaya Lindungi Kulit Sampai Jantung

Beberapa orang yang ingin mengurangi resiko terkena penyakit IBS namun tetap ingin mengkonsumsi makanan pedas bisa mensiasatinya dengan memperbanyak makanan berserat dan banyak-banyak minum air putih saat makan. Kandungan serat dan air ini diyakini mampu menurunkan resiko iritasi pada saluran pencernaan yang bisa memicu diare dan berbagai rasa tidak nyaman yang ada di dalam mulut karena mengkonsumsi makanan pedas.