Waspada, Diare Mengintai Para Pemudik

macet_mudik_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/lorenz_markus

DokterSehat.Com– Tak hanya tubuh yang lelah dan dehidrasi, para pemudik juga rentan terkena masalah kesehatan pada pencernaannya, khususnya diare. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan para pemudik yang cenderung mengonsumsi makanan dengan sembarangan dan tidak menjaga kebersihan dengan baik. Lantas, apa yang sebaiknya kita lakukan agar tidak mudah terkena diare saat mudik?

Hal pertama yang wajib untuk kita lakukan adalah rajin mencuci tangan. Tanpa kita sadari, kita sering langsung memegang makanan meski tangan kita sedang dalam kondisi yang kotor atau baru saja keluar dari toilet. Pastikan untuk rajin mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir sebelum makan agar tidak ada bakteri berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

Hal lain yang perlu kita lakukan demi mencegah diare adalah memastikan bahwa makanan yang kita konsumsi sudah benar-benar dalam kondisi matang. Jika makanan ini belum benar-benar matang, dikhawatirkan kita akan terkena diare atau bahkan keracunan makanan yang bisa berbahaya. Selain itu, ada baiknya kita juga menghindari makanan pedas saat sedang dalam perjalanan mudik karena makanan yang pedas mampu meningkatkan risiko terkena diare.

Jika kita membawa bekal sendiri, pastikan untuk tidak mengonsumsi makanan yang sudah basi. Selalu cium makanan yang akan kita konsumsi dan cek kondisinya. Jika kita membawa makanan bersantan misalnya, ada kemungkinan makanan ini cepat basi dan tak lagi layak untuk dikonsumsi.

Agar tubuh tetap sehat dan bugar, ada baiknya kita membawa buah-buahan yang bisa dengan mudah langsung dimakan di perjalanan seperti pisang, jeruk, atau apel. Vitamin yang ada dalam buah-buahan ini bisa menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat demi mencegah datangnya penyakit, termasuk diare.